Bahaya Terlalu `Lepas` Berbicara di Kantor

Reporter : Ramdania
Kamis, 25 Februari 2016 14:46
Bahaya Terlalu `Lepas` Berbicara di Kantor
Memisahkan masalah pribadi dan pekerjaan merupakan hal yang sulit tetapi tetap harus dilakukan. Jika tidak, nasib karir kita pun terancam.

Dream - Secara teori, memisahkan kehidupan pribadi dari pekerjaan adalah langkah yang baik. Namun, dalam kehidupan nyata, hal ini sulit dilakukan.

Sebab kita cenderung membahas masalah pekerjaan, suasana panas di kantor dan rekan kerja dengan pasangan, teman dan bahkan kenalan. Dan ketika batas-batas antara masalah pribadi dan kantor tidak jelas, maka mulai timbul masalah.

Dan, jika Anda tidak bisa memisahkan urusan pribadi dan kantor, termasuk menjaga rencana dan rahasia perusahaan, maka bisa membahayakan perusahaan, dan juga pekerjaan Anda.

Seperti dikutip dari Gulf News, Kamis, 25 Februari 2016, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak boleh terlalu 'lepas' ketika berbicara mengenai perusahaan dan suasana di kantor kepada orang lain.

1. Bisa Dianggap Pengkhianat

Jika tak bisa menjaga mulut di luar kantor atau perusahaan, Anda bisa dibilang telah melanggar perjanjian kerahasiaan perusahaan. Atau, buruknya lagi, Anda dianggap membocorkan informasi bisnis penting yang diperlukan agar perusahaan tetap kompetitif. Intinya, Anda adalah seorang pengkhianat. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi perusahaan dan karier Anda.

Orang sering membuat kesalahan dengan berpikir kenalan atau temannya benar-benar tidak akan menggunakan informasi yang diperoleh untuk tujuan tertentu. Ini salah. Jika Anda belum mengenal kerabat, hubungan kerja dan rencana karier orang yang Anda ajak bicara, Anda dikhawatirkan telah mengungkapkan terlalu banyak ke orang yang salah.

2. Bisa Menghancurkan Karir

Anda mungkin senang memamerkan ketidaksukaan Anda terhadap atasan atau rekan kerja yang sukses kepada orang lain. Jika orang lain ini tidak bisa dipercaya, tindakan seperti itu dapat merusak karier Anda - terutama jika Anda melakukan hal ini secara tertulis, baik melalui media sosial, pesan singkat atau email.

Intinya, jangan pernah mendokumentasikan apa pun yang bisa menjadi senjata untuk menghancurkan Anda, meski tulisan itu dibaca atau dikirim ke orang yang Anda percaya.

Jika Anda ingin curhat kepada teman atau pasangan, lakukan dalam bentuk percakapan pribadi daripada melalui email atau pesan singkat. Bahkan jika orang ini katanya akan melindungi privasi Anda, bicara lepas dalam bentuk tulisan bisa sangat berbahaya jika diteruskan atau disalin secara tidak sengaja kesalahan.

3. Teman atau Kenalan Bisa Berbahaya

Membawa teman dari luar dan pasangan di rumah ke kantor bisa membawa masalah, terutama ketika hubungan Anda tidak sedang dalam situasi yang baik. Pasangan yang muncul di kantor sambil marah-marah untuk menyelesaikan masalah rumah tangga akan merusak citra Anda di mata perusahaan dan rekan kerja.

Situasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan serius pada posisi Anda di perusahaan. Usahakan tempat kerja Anda tidak terlalu sering diakses orang yang tidak sepenuhnya Anda kenal dan percaya.

Demikian pula, berhati-hatilah untuk tidak berbagi detail kehidupan pribadi rekan kerja dengan orang yang Anda kenal dengan baik. Mungkin Anda mendengar atasan akan bercerai atau mengalami masalah keuangan.

Beri Komentar