Bisnis Pesaing Tutup, Zomato Yakin Kuasai Bisnis Foodtech RI

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 18 Desember 2016 12:30
Bisnis Pesaing Tutup, Zomato Yakin Kuasai Bisnis Foodtech RI
Zomato mengaku memiliki beragam fitur sosial yang lebih mendekatkan diri dengan pengguna.

Dream - Aplikasi teknologi kuliner asal India, Zomato, semakin yakin bisa memenangkan persaingan bisnis teknologi kuliner sering keputusan Rocket Internet menutup bisnis Foodpanda di Indonesia.

Untuk memenangkan persiangan, perusahaan akan mengandalkan sejumlah fitur sosial baru dan mutakhir dengan menghubungkan Zomato dengan aplikasi pihak ketiga.

“ Teknologi adalah jantung dari segala hal di Zomato. Banyak hal yang kita gunakan secara cuma-cuma memiliki algoritma kompleks di belakangnya,” ungkap Country manager Zomato, Karthik Shetty.

Zomato sebelumnya dikenal sebagai panduan restoran online yang menyediakan informasi lengkap meliputi daftar makanan, foto, ulasan, hingga rating berbagai restoran di Jakarta dan Bali. Perusahaan didukung sejumlah investor dan mengklaim telah mencapai titik break even di awal tahun.

Perusahaan juga telah mengantongi investasi lebih dari US$225 juta dari berbagai investor termasuk Sequoia Capital, Temasek Holdings, Vy Capital, dan Info Edge India.

Hingga kini, situs dan aplikasi Zomato memiliki informasi mendetil dari 30 ribu restoran lebih di Indonesia. Zomato juga tidak mengijinkan restoran membayar untuk mengubah hasil pencarian organik, rating, atau ulasan yang mereka terima dalam Zomato.

Menurut Karthik, Zomato memiliki perbedaan tersendiri dibandingkan dengan kompetitor seperti Qraved dan MakanLuar. Salah satu hal menarik mengenai kehadiran Zomato di Indonesia adalah fakta bahwa pengguna bisa memilih restoran yang ingin mereka kunjungi dan memesan Uber langsung melalui Zomato untuk mengantarkan mereka ke restoran tersebut.

Karthik menjelaskan bahwa integrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Uber dan Instagram ke Zomato membuat pengalaman berkuliner menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan tentunya sosial dari awal hingga akhir.

Dalam hal trafik saat ini, Karthik mengatakan bahwa di Jakarta dan Bali Zomato telah memiliki lebih dari 2 juta pengguna yang unik, dengan trafik bulanan mencapai 6 juta kunjungan untuk Jakarta saja. Pengguna lokal biasanya mencari rata-rata sembilan hingga sepuluh laman dalam sekali kunjungan dengan durasi empat menit per sesi.

 

 

Beri Komentar