Bukopin Siapkan Uang Tunai Rp600 M untuk Lebaran

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 28 Mei 2019 12:12
Bukopin Siapkan Uang Tunai Rp600 M untuk Lebaran
Jumlahnya meningkat 10 persen dari kebutuhan Lebaran tahun 2018.

Dream – PT Bank Bukopin Tbk menyiapkan uang tunai Rp600 miliar untuk kebutuhan Lebaran 2019. Jumlahnya meningkat 10 persen dari kebutuhan Lebaran tahun 2018.

“ Naik 10 persen. Kalau tahun lalu, Rp500 (miliar) something,” kata Direktur Konsumer Bukopin, Rivan Achmad Purwantono saat berbincang dengan Dream, Selasa 28 Mei 2019.

Rivan mengatakan uang tunai itu didistribusikan untuk kas dan ATM. Dikatakan bahwa porsi ATM paling banyak, yaitu di atas 90 persen.

 Direktur Konsumer Bukopin Rivan Achmad Purwantono

Direktur Konsumer Bukopin, Rivan Achmad Purwantono

(Foto: Bukopin.co.id)

“ Transaksi uang di kasir lebih sedikit daripada di ATM,” kata dia. Menurut Rivan, alokasi untuk kasir misalnya mencapai Rp15 miliar.

Rivan mencatat transaksi pada periode Lebaran meningkat daripada hari normal. “ Peningkatannya 10-15 persen dibandingkan dengan transaksi harian,” kata dia.

1 dari 4 halaman

Siapkan Infrastruktur

Selain kebutuhan uang tunai, Rivan mengatakan pihaknya juga telah mempersiapkan infrastruktur untuk menyambut Lebaran 2019.

Sebelum Lebaran, pihaknya telah melakukan uji coba recovery, komunikasi, dan data. Bank ini juga telah mencoba melakukan swing untuk mengantisipasi gangguan hubungan.

“ Untuk memastikan tak ada masalah selama periode Lebaran,” kata dia.

Rivan mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan tim untuk standy by 24 jam kalau ada gangguan di bagian infrastruktur perbankan. (ism)

2 dari 4 halaman

Bukopin Syariah Manjakan Nasabah Saat Berada di Bandara

Dream – PT Bank Syariah Bukopin (Bukopin Syariah) melanjutkan program Airport Executive Lounge Free untuk nasabah. Fasilitas ini berlaku bagi nasabah Tabungan iB SiAga dan iB SiAga Bisnis dengan saldo minimal Rp25 juta ketika bertransaksi.

Dikutip dari keterangan tertulis Bukopin Syariah yang diterima Dream, Kamis 23 Mei 2019, Direktur Utama Bukopin Syariah, Saidi Mulia Lubis, mengatakan fasilitas Airport Executive Lounge Gratis berlaku di seluruh airport executive lounge yang bekerja sama di seluruh Indonesia.

Beberapa lounge yang bisa dimanfaatkan nasabah itu diantaranya Blue Sky Premier Lounge, Saphire Lounge, dan Concordia Lounge. Saidi berharap program ini bisa meningkatkan dana murah.

“ Selain sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi nasabah, program ini diharapkan dapat meningkatkan sumber dana murah serta menambah customer base,” kata dia di Jakarta.

Saidi mengatakan ada 26 airport executive lounge di 19 bandara yang sudah bekerja sama dengan Bukopin Syariah. Misalnya, Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma. Ada juga Bandara Kualanamu, Hussein Sastranegara, dan Ngurah Rai.

3 dari 4 halaman

Ditunjuk Sebagai Bank Penerima Setoran Haji

Saidi menjelaskan Bukopin Syariah juga telah ditunjuk menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH). Tabungan iB Haji menjadi sarana bagi nasabah menabung guna memenuhi setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji.

 Bukopin Syariah Manjakan Nasabah di Bandara

Tabungan iB SiAga Haji Bukopin Syariah telah terkoneksi dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT). Nasabah cukup membuka Tabungan iB SiAga Haji selanjutnya melakukan Setoran Awal Haji minimal Rp25 juta sehingga nasabah mendapat nomor validasi.

Setelah nasabah mengurus nomor porsi haji ke Kemenag membawa nomor validasi dan mengisi formulir SPPH, serta nasabah melakukan Pelunasan apabila telah mendapat pemberitahuan dari Kementrian Agama.

Saat ini, Bukopin Syariah memiliki sebanyak 22 outlet untuk melayani pembayaran setoran haji, 97 layanan Syariah Bank(LSB) dan nantinya akan ditambah lagi dengan Layanan Syariah Bank Bukopin yang siap melayani setoran haji sebelum akhir tahun 2019.

4 dari 4 halaman

Fokus Pembiayaan Pensiunan

Tak hanya fokus meningkatkan dana murah sampai 30 persen, Saidi mengatakan Bukopin Syariah juga fokus untuk pembiayaan pensiunan dan konsumer. Bank syariah ini juga fokus untuk segmen pembiayaan UKM, seperti rumah sakitpendidikan dan developer.

Saidi mengatakan pihaknya juga memiliki pembiayaan perumahan, yaitu KPR iB Baitii. Sasarannya adalah kaum milenial. Dengan program ini, pihaknya memberikan jangka waktu pembiayaan hingga 25 tahun dengan plafon maksimal Rp2,5 miliar.

“ Nasabah punya tiga pilihan pola angsuran, yaitu step up mulai, angsuran suka-suka, dan single price (angsuran tetap),” kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone