Dream - Riset yang dilakukan oleh perusahaan periklanan The Trade Desk (Nasdaq: TTD), sekitar 67 persen masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan seperempat dari Tunjangan Hari Raya (THR) untuk berbelanja pada Ramadan mendatang.
Risetkuantitatif ini dilakukan bersama Milleu Insight. Survei ini dilakukan secara online pada 3 hingga 9 Oktober 2023, diikuti 1.000 responden yang berencana merayakan Ramadan.
Riset ini menggarisbawahi naiknya optimisme konsumen akan mendorong peningkatan belanja mereka.
Data terbaru mereka menunjukkan bahwa 1 dari 3 masyarakat Indonesia (32 persen) akan berbelanja lebih banyak pada Ramadan mendatang.
Riset ini juga menemukan hampir setengah atau sekitar 48 persen konsumen Indonesia menyatakan bahwa peningkatan belanja mereka dilandasi kepercayaan diri terhadap kondisi ekonomi.
Sedangkan 43 persen dari mereka memiliki keinginan untuk
berbelanja lebih banyak.
The Trade Desk menilai bahwa Ramadan akan menjadi waktu yang strategis bagi pemasar untuk mendapatkan konsumen baru.
Mayoritas masyarakat Indonesia, sekitar 85 persen, terbuka untuk mencoba brands baru, dan 7 dari 10 menganggap diri mereka sebagai ‘penjelajah kategori’, di mana mereka belum memutuskan brand yang spesifik untuk produk yang ingin mereka beli.
Brands pun dapat memanfaatkan lonjakan tersebut dengan informasi berbasis data untuk mendukung kampanye periklanan dengan presisi, optimalisasi, dan pengukuran yang lebih akurat.
ungkap Purnomo Kristanto, General Manager The Trade Desk Indonesia, dalam keterangannya, Selasa 5 Desember 2023.
Pada saat berlangsungnya dan menjelang Ramadan, masyarakat Indonesia berencana untuk lebih aktif secara digital karena berkurangnya aktivitas fisik saat berpuasa.
Temuan riset tersebut
menunjukkan bahwa konsumsi digital akan terfokus pada saluran open internet seperti OTT/CTV, platform
streaming audio, aplikasi Islami, game seluler, dan majalah/situs web online dalam periode ini.
Secaraspesifik, Gen Z aktif dalam streaming, menunjukkan peningkatan sebesar 20 persen dalam konsumsi
OTT/CTV dan peningkatan sebesar 25 persen dalam streaming audio.
tulis The Trade Desk .
Meningkatnya optimisme konsumen pada bulan Ramadan yang akan datang mendorong lebih banyak brands untuk beriklan secara online, menghadirkan lebih banyak persaingan di ruang digital.
" Platform pembelian media seperti The Trade Desk dapat membantu pemasar mengoptimalkan kampanye omnichannel dan menyediakan pengukuran closed-loop untuk memantau dampak kampanye iklan terhadap penjualan," tambah Purnomo.