Aksi Kemanusian 11 BUMN Kembalikan Denyut Kota Terimbas Gempa Palu

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 1 Oktober 2018 15:30
Aksi Kemanusian 11 BUMN Kembalikan Denyut Kota Terimbas Gempa Palu
Bantuan ini mulai dari bahan makanan sampai infrastruktur dan transportasi.

Dream – Gempa dan tsunami yang menimpa masyarakat Palu, Sulawesi Tengah, turut menarik perhatian perusahaan pemerintah atau BUMN. Perusahaan pelat merah ini bahu-membahu memberikan bantuan kepada masyarakat Palu da sekitarnya yang terdampak bencana.

PT Pertamina (Persero), misalnya, mengirimkan pasokan solar ke Palu dengan pesawat Air Tractor dari Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara. Perusahaan migas ini mengirimkan 4 ribu liter solar untuk membantu operasional pemulihan pasca bencana alam gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Pesawat yang dioperasikan PT Pelita Air Service ini terbang dari Tarakan pukul 06.45 WITA dan mendarat di Bandara Mutiara SIS Al Jufrie pada pukul 09.05 WITA.

 Pertamina mendistribusikan 4 ribu solar ke Palu.

Unit Corporate Communication and CSR Marketing Operating Region VII PT Pertamina, Roby Hervindo, mengatakan pasokan solar ini merupakan bentuk aksi tanggap darurat Pertamina untuk memaksimalkan distribusi BBM. Sekadar informasi, BBM menjadi salah satu kebutuhan darurat di Palu dan Donggala.

Selain BBM, BUMN juga berupaya segera memasok kebutuhan listrik lewat PT PLN (Persero). Perusahaan setrum ini menerjunkan 125 personel tim gabungan PLN Sulawesi untuk membantu percepatan pemulihan pasokan listrik setelah gempa bumi dan tsunami.

Hingga saat ini, PLN telah memperbaiki 3 unit PLTD Silae masing-masing berkapasitas 1,3 MW. Ratusan personel ini diterjunkan untuk memperbaiki infrastruktur kelistrikan di Palu, mulai dari pembangkit sampai sambungan ke pelanggan.

 PLN menerjunkan 125 personel untuk memulihkan listrik di Palu dan Donggala.

“ Kami berupaya maksimal agar kondisi kelistrikan Palu malam ini mulai pulih secara bertahap,” kata Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN, Syamsul Huda, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) juga bertahap telah berhasil memulihkan sebagian besar jaringan di wilayah Kota Palu, Donggala, dan sekitarnya. Saat ini layanan komunikasi SMS dan suara berangsur pulih di beberapa titik strategis kota Palu yang diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi-instansi yang sangat membutuhkan serta jaringan 4G yang sudah kembali beroperasi di beberapa wilayah seperti Toli-toli, Poso dan Luwuk. Di Kota Donggala, perangkat layanan voice dan internet pun telah pulih.  

Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan internet serta mengaktifkan sistem komunikasi satelit dengan memberangkatkan Satellite News Gathering (SNG) dari Makassar ke Palu.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Bahagianya Syahnaz & Jeje Diberi Bayi Kembar