Cara Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang Bagi Karyawan dan UMKM di Hari Kartini

Reporter : Iwan Tantomi
Senin, 25 April 2022 16:00
Cara Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang Bagi Karyawan dan UMKM di Hari Kartini
Inisiatif seperti apa yang dilakukan untuk mendorong terwujudnya kesetaraan peluang bagi karyawan dan UMKM ini?

Ada yang menarik di bulan April ini. Selain bersamaan dengan bulan Ramadan, juga ada momen-momen penting yang patut juga untuk dirayakan. Salah satunya adalah Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April. Nah, demi mendorong terciptanya kesetaraan peluang bagi karyawan dan UMKM di Hari Kartini ini, Tokopedia melakukan beragam inisiatif menarik.

Seperti diketahui, perusahaan teknologi ini terus mengedepankan inklusivitas demi memberikan kesempatan yang setara kepada masyarakat untuk mencapai lebih sekaligus mendorong pemulihan ekonomi negeri. Hal ini pun diungkapkan oleh Puput Hidayat selaku VP of Seller Experience Tokopedia.

Menurutnya, siapapun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel dan masih banyak lagi, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia. “ Kini ada lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang bergabung di Tokopedia dan berasal dari berbagai profil,” ungkap Puput.

Lantas, inisiatif seperti apa yang dilakukan oleh Tokopedia untuk mendorong terwujudnya kesetaraan peluang bagi karyawan dan UMKM ini?

Hadirkan Infrastruktur Gedung yang Ramah Difabel

Inisiatif pertama yang dilakukan Tokopedia untuk mendorong kesetaraan peluang bagi karyawan dan UMKM adalah menghadirkan infrastruktur gedung Tokopedia Care yang sangat ramah difabel. Mulai dari jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan hingga kamar kecil dan ruang salat dirancang untuk difabel.

Kantor Tokopedia pun memiliki fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, seperti ruang menyusui hingga ruang bermain untuk anak. Ada pula keuntungan cuti hamil atau maternity leave bagi perempuan dan paternity leave bagi laki-laki agar Nakama - baik yang merupakan seorang ibu atau ayah - sama-sama bisa menikmati perannya sebagai orang tua.

“ Tokopedia juga kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” ujar Puput.

Meningkatkan Jumlah Pegiat UMKM Perempuan

Selain itu, menurut data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020. Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021. Pemilik Dekayu dan Diet Special Needs adalah contoh Kartini pegiat UMKM lokal di Tokopedia.

Contoh produk Dekayu

Pemilik Dekayu, Yaniar Fernanda (Nia), asal Yogyakarta, memberdayakan sejumlah pengrajin kayu sekaligus ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul, dan menghasilkan berbagai peralatan makan serta dekorasi rumah khusus dari kayu jati dan serat alam lainnya.

“ Di Ramadan 2021 lalu, transaksi kami lewat Tokopedia melonjak lebih dari empat kali lipat. Di Ramadan tahun ini, untuk memaksimalkan penjualan, kami sudah menyiapkan stok produk dan mengikuti berbagai program Tokopedia, seperti Home Living SALEbrations dan Parsel Ramadan,” jelas Nia.

Founder Diet Special Needs, Difansa Rachmani

Hal senada juga diungkapkan oleh Difansa Rachmani, Pemilik Diet Special Needs. Ia memulai usaha karena memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan melihat peluang untuk memberikan kesempatan yang sama bagi ABK dan masyarakat lain untuk mendapatkan opsi makanan yang sesuai kebutuhan.

“ Bahan makanan Diet Special Needs diproses secara khusus tanpa terigu, gula pasir, susu dan turunannya, seafood dan bahan alergen lainnya agar bisa dikonsumsi oleh ABK, serta masyarakat dengan diabetes, hipertensi, autoimun, asam lambung, kanker, alzheimer, kulit sensitif atau alergi lainnya,” ungkapnya. Difa di sisi lain melihat bahwa kunjungan toko Diet Special Needs meningkat hingga sepuluh kali lipat karena memanfaatkan TopAds, fitur beriklan dari Tokopedia.

Contoh produk Diet Special Needs

Nia dan Difa hanyalah segelintir contoh pegiat UMKM perempuan yang sukses memberdayakan dirinya dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia. Di luar sana, masih banyak Kartini-Kartini modern lainnya yang juga tumbuh sukses mendapatkan peluang yang sama dalam berbisnis. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Beri Komentar