Cerita Sukes Wanita Indonesia `Taklukkan` Alibaba

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 15 April 2019 19:30
Cerita Sukes Wanita Indonesia `Taklukkan` Alibaba
Apa yang membuat Fitriyani Burki bisa diterima dan berkarya di Alibaba?

Dream – Di dunia e-commerce, kamu pernah mendengar Alibaba Group. Ya, raksasa teknologi besutan Jack Ma ini menjadi perusahaan yang paling diincar oleh para pencari kerja di Tiongkok, berdasarkan LinkedIn China.

Tak mudah untuk bisa menembus menjadi pegawai di perusahaan ini. Ada sederet proses yang rumit yang harus diikuti oleh kandidat agar bisa menjadi pegawai Alibaba.

Dikutip dari keterangan tertulis Alibaba, Senin 15 April 2019, seorang karyawati Alibaba, Fitriyani Burki, mengaku menjadi bagian perusahaan ini tidaklah mudah. Seminggu usai memasukkan resume, dia menjalani tiga tahapan wawancara dan tes tertulis.

Pada wawancara pertama, dia harus meyakinkan pihak HRD. Lalu, dia dipertemukan oleh team leader di posisi yang akan ditempatkan. Kemudian, berlanjut ke tes tertulis.

Setelah lolos, masih ada lagi wawancara dengan direktur Alibaba.

“ Alhamdulillah, saya diterima,” kata Fitri.

Perempuan berusia 36 tahun ini bergabung di Alibaba sejak 2014. Kala itu, dia melihat lowongan AliExpress untuk menangani konsumen AliExpress di Indonesia. Sebelum bergabung dengan perusahaan ini, lulusan S-1 Universitas Hasanudin Makassar itu bekerja di perusahaan multinasional sebagai senior process executive di P&G dan channel specialist group di Cisco.

“ Awalnya saya ingin tantangan baru juga suasana baru setelah empat tahun bekerja di perusahaan sebelumnya. Mendengar banyak cerita tentang besarnya tantangan bekerja di Alibaba, saya berpikir inilah tantangan yang selama ini saya cari,” kata perempuan kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu.

Fitri jatuh hati kepada perusahaan itu, selain sebagai perusahaan global dan perusahaan paling diidamkan, dia mengagumi dan terinspirasi oleh Jack Ma. Perjalanan Alibaba, kata dia, bagaimana cerita seribu satu malam yang menyerukan “ open sesame” untuk membuka pintu yang berisi harta karun. Perusahaan ini dinilai bisa memberikan kesempatan ekonomi bagi masyarakat.

“ Saya percaya dengan menjadi bagian Alibaba, bias memberikan kontribusi positif,” kata dia.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Jefri Nicol Pertama Kali Nembak Cewek