Perbankan Sebut Pertumbuhan Kredit Kendaraan Listrik Masih Kecil

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 22 September 2022 10:45
Perbankan Sebut Pertumbuhan Kredit Kendaraan Listrik Masih Kecil
Apa kata perbankan soal kendaraan listrik yang sedang banyak dibicarakan?

Dream - PT Bank CIMB Niaga Tbk. menilai pertumbuhan kredit kendaraan listrik masih kecil. Hal ini menimbang dari harga kendaraan listrik yang masih terbilang mahal. 

Direktur Treasury & Capital Market CIMB Niaga John Simon mengatakan perlu adanya bantuan dari pemerintah dengan memberikan insentif untuk pembiayaan kendaraan listrik. Mengingat biaya produksi kendaraan listrik juga lebih mahal dibandingkan kendaraan konvensional.

“ Pasti kecil nah itu sesuatu yang harus dilakukan pemerintah juga supaya insentif yang bisa diberikan bisa lebih terasa,” katanya saat ditemui di Jakarta, Rabu, 21 September 2022.

John memperkirakan untuk saat ini pembiayaan kendaraan listrik tak sampai single digit. Meskipun dia mengatakan belum ada data yang pasti, hitungannya kemungkinan hanya empat persen.

“ Menurut saya kecil, saya nggak ada datanya tapi yang pasti itu nggak sampai single digit, empat persen maybe three persen,” lanjut John.



1 dari 1 halaman

Kendaraan listrik yang terbilang baru memasuki pasar Indonesia, dari skala industri menurutnya juga masih kecil. 

“ Pasti kecil ini baru mulai kok. Ini perlu bantuan dari pemerintah juga supaya kita beli mobil listrik lebih mudah,” pungkasnya.

Konferensi Pers CIMB Niaga© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Kendaraan listrik di industri otomotif tanah air memang sedang banyak dibicarakan, salah satu mobil listrik terbaru yang memasuki pasar Indonesia adalah Wuling, brand mobil asal Tiongkok.

Belum lama ini Presiden Jokowi juga telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022, tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk kendaraan dinas operasional dan kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah. Instruksi itu mulai berlaku pada 13 September 2022.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More