Trik-trik `Kotor` Peserta CPNS, dari Cara Kuno sampai Ekstrim

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 28 September 2017 08:24
Trik-trik `Kotor` Peserta CPNS, dari Cara Kuno sampai Ekstrim
Mulai dari teknologi sampai mistis digunakan agar lulus tes.

Dream – Sahabat Dream, lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih memiliki “ magnet” di mata masyarakat. Ketika pemerintah membuka lowongan ini, masyarakat langsung menyerbunya karena beranggapan kesejahteraan hidup mereka terjamin dengan gaji dan tunjangan-tunjangan yang diberikan.

Yang terbaru, pemerintah membuka 37.138 formasi CPNS 2017 di 62 instansi pemerintah, termasuk pemerintah daerah Kalimantan Utara. Peminatnya? Jumlahnya mencapai 2,43 juta orang.

Persaingannya pun sangat ketat. Satu formasi CPNS diperebutkan 65,5 orang.

Saking ketatnya persaingan, tak jarang peserta menghalalkan segala cara agar bisa lolos seleksi CPNS, terutama tes seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis computer assisted test (CAT).

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis 28 September 2017, mereka menggunakan beragam cara curang untuk bisa lolos seleksi.

Tipuan Lama

 

Inilah aksi nekat seorang peserta CPNS di Semarang, Jawa Tengah. Peserta wanita itu menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan joki. Menjadi peserta tes CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dia menyembunyikan alat komunikasi di balik bajunya.

Untungnya, kecurangan ini lekas diketahui oleh petugas tes SKD Kemenkumham.

Cara Ekstrem

Ada juga cara ekstrem yang dilakukan peserta agar bisa lolos tes SKD. Pelakunya adalah seorang wanita. Dia nekat menyembunyikan kamera di area intimnya untuk memfoto soal tes CPNS dan memberikannya kepada joki.

Kecurigaan petugas ini timbul ketika peserta yang bersangkutan izin ke kamar mandi, tapi lama tak keluar. Peserta tes CPNS Kemenkumham di Bantaeng, Sulawesi Selatan ini kedapatan meminta jawaban dari soal yang telah difotonya.

Pemerintah pun memberikan sanksi tegas bagi para pelanggar tes. Mereka mengeluarkan orang-orang yang berbuat curang dari tempat ujian, bahkan sampai memasukkannya dalam daftar hitam pelamar CPNS. Orang-orang ini tak diperbolehkan lagi mendaftar CPNS.

Teknik Magis

Nah, ada lagi yang terbaru. Cara yang digunakan ini cukup membuat orang geleng-geleng kepala. Ada peserta tes SKD Kemenkumham yang menggunakan teknik mistis agar lulus CPNS. Si peserta meminta bantuan “ dunia lain”. Caranya, mereka membawa jimat ketika mengikuti tes.

Kejadian ini berlangsung di Yogyakarta, Kalimantan, Sulawesi, dan Palembang. Benda bertuah yang dibawa di saku peserta beraneka ragam. Ada batu akik yang dibungkus dengan selembar uang kertas, kain putih berisi jampi-jampi, dan peniti.

Penemuan ini membuat Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau peserta untuk tidak percaya hal gaib selama mengikuti tes. “ #SobatBKN Pelamar D3/SMA @cpnskumham2017 jangan percaya dengan jimat. Percaya hanya pada Allah SWT, Tuhan YME dan yakin pada kemampuan diri. Sukses…,” tulis BKN di akun resmi Twitternya.

Lalu, apa hukuman yang diberikan petugas kepada peserta yang membawa jimat? Petugas hanya menyita barang-barang ini selama tes, lalu mengembalikannya setelah ujian berakhir.

(Sah)

Beri Komentar