Deretan Mobil Sejuta Umat Terpopuler di Negara Asia Tenggara

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 7 September 2017 14:44
Deretan Mobil Sejuta Umat Terpopuler di Negara Asia Tenggara
Dari yang kelas mewah sampai model yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Dream - Pasar negara Asia memang seksi. Dengan ekonomi yang sedang menggeliat, beragam produk di pasaran berpeluang laku dijual. Tak terkecuali dengan otomotif.

Dikutip dalam Financial Times, penjualan kendaraan di Asia Tenggara diramalkan bakal melampau pertumbuhan dari kawasan lain di dunia. Pemicunya, munculnya titik-titik pertumbuhan baru di kawasan ini.

Membanjirnya kendaraan roda empat yang berlalu lalang di jalanan memang jadi dilema. Setidaknya itu dirasakan kota padat di negeri rumpun Melayu ini seperti Jakarta, Bangkok, dan Manila.

Mau tak mau program infrastruktur pemerintah harus berkejaran dengan cepatnya pertumbuhan industri otomotif.

Dikutip dari laman seasia.com, merek kendaraan apa saja yang banyak menjadi mobil sejuta umat di masing-masing negara di Asia. Berikut daftarnya:

1. Indonesia

 Avanza

Siapa yang tak tahu mobil sejuta umat ini. Avanza. Hampir tiap mata memandang, kita akan melihat merek kendaraan ini. Di Indonesia, Toyota memang menjadi merek kendaraan paling populer.

2. Malaysia

 Perodua

Pemegang merek kendaraan ini mengklaim sebagai pembuat mobil ramah energi pertama di Malaysia. Dialah Perodua. Salah satu andalannya adalah Perodua Axia yang didesain ramah perempuan.

3. Thailand

 Toyota Revo

Negeri Gajah Putih ini punya pilihan berbeda soal mobil favorit. Bukan jenis MPV atau Hatchback, masyarakat Thailand ternyata memfavoritkan mobil pickup. PIlihannya hatuh pada Hilux Revo Pickup yang diproduksi Toyota Motor Thailand.

4. Singapura

 Corolla Altis

Sebagai negara dengan tingkat kesejahteraan lebih baik dari tetangganya, pilihan mobil sejuta umat warga Singapura memang sedikit lebih mewah. Corolla Altis menjadi motor sejuta umat warga Singapura menggusur merek Jerman yang pernah menjadi merek top di pasar otomotif Singapura

5. Vietnam

 Toyota Vios

Meski kondisi ekonominya relatif sama dengan Indonesia, Vietnam ternyata punya pilihan kendaraan favorit yang sangat berbeda. Warga Vietnam memilih jenis sedang Toyota Vios yang menjadi merek mobil dengan penjualan paling laris di tahun 2016.

6. Laos

Pilihan mobil warga Laos sama dengan tetangganya di Thailand. Kendaraan pickup dengan model Toyota Hilux. Satu dari tiga mobil yang dijual di negeri ini berasal menggunakan merek ini.

7. Brunei Darussalam

Sama dengan Singapura, tingkat kesejahteraan warga Brunei pun di atas rata-rata negara Asia Tenggara lainnya. Pilihan kendaraan mereka jatuh pada Toyota Vios yang menjadi mobil paling populer di Brunei

8. Myanmar

 Suzuki Carry

Di antara pilihan kendaraan negara rumpun Melayu, mobil favorit warga Myanmar ini cukup berbeda. Meski masih sama-sama pickup, jalanan Myanmar banyak disesaki merek kendaraan Suzuki Camry. Sebagai mobil pertama, kendaraan ini memang dikenal berharga murah.

(Sah/seasia.co)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie