Seperti Apa Penampakan Uang Baru Indonesia?

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 16 Juli 2014 12:02
Seperti Apa Penampakan Uang Baru Indonesia?
Bank Indonesia memastikan desain dan tanda tangan dari uang baru NKRI ini sudah selesai dilakukan.

Dream - Sekitar sebulan lagi, masyarakat Indonesia bakal mendapati mata uang baru dengan desain teranyar dari Bank Indonesia. Secara resmi, uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini akan diperkenalkan pada 17 Agustus 2014.

Sampai saat ini, Bank Indonesia (BI) memastikan desain dari uang baru sudah diselesaikan. Bahkan tanda tangan dari uang baru ini sudah dibubuhkan oleh Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.

" Satu atau dua minggu sebelum diedarkan tanggal 17 Agustus, akan disosialisasikan ke masyarakat," ungkap Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas di kantor pusat BI, Jakarta, seperti dikutip Dream dari laman Merdeka.com, Rabu, 16 Juli 2014.

Meski menerbitkan uang baru, tidak otomatis membuat uang yang beredar sekarang tidak berlaku. Merujuk Peraturan Bank Indonesia, ada jangka waktu 10 tahun, antara penerbitan mata uang anyar ini sampai dengan pemusnahan desain uang kertas dan logam lama.

" Jadi uang yang sekarang dipakai itu masih berlaku," kata Waas.

Penerbitan uang NKRI ini sepenuhnya amanat DPR lewat Undang-Undang No.7 tahun 2011.

Untuk saat ini, Waas mengaku tidak ingin membocorkan desain uang NKRI. Akan tetapi, dia menilai sudah pasti akan tetap ada gambar pahlawan nasional.

" Gambar pahlawan itu keputusan, pasti dia pahlawan nasional, dan pasti dia sudah meninggal. Harus sudah meninggal, dan kalau pahlawan nasional ada keputusannya, ungkapnya. (Ism)

Beri Komentar