Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai 11 November, Ini Daftar Formasi yang Dibuka

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 29 Oktober 2019 07:47
Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai 11 November, Ini Daftar Formasi yang Dibuka
Rekrutmen CPNS 2019 sah dibuka bulan depan.

Dream – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dipastikan akan diumumkan pada 11 November 2019. Di hari yang sama, pemerintah akan membuka pendaftaran online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Pada penerimaan CPNS tahun ini, pemerintah akan membuka lowongan 152.286 formasi untuk instansi pusat dan pemerintah daerah

Di tingkat pusat, formasi CPNS 2019 yang dibutuhkan sebanyak 37.425 posisi di 68 kementerian/lembaga. Sementara CPNS di daerah dibutuhkan sebanyak 114.861 orang yang tersebar di 462 pemerintah daerah.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, mengatakan pemerintah tak membuka formasi administrasi kali ini. Dikatakan bahwa jumlah jabatannya hampir separuh dari total formasi CPNS di Indonesia.

“ Saat ini, pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan,” kata Ridwan di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 29 Oktober 2019.

1 dari 6 halaman

Rincian Formasi

Ada dua jenis formasi yang akan dibuka tahun ini, yaitu formasi umum dan khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas di instansi pusat dan daerah.

Ada juga formasi khusus putra-putri Papua dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

“ Formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya,” kata dia.

Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru 63.324 formasi, tenaga kesehatan 31.756 formasi, dan fungsional 23.660 formasi.

“ Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar 1 formasi di 1 instansi,” kata dia.(Sah)

2 dari 6 halaman

Resmi! Pendaftaran CPNS 2019 Diumumkan 11 November

Dream – Kabar baik bagi para peminat Pegawai Negeri Sipil (PNS). Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya resmi mengungkapkan jadwal pengumuman dan pendaftaran CPNS 2019 akan dibuat pada 11 November 2019 mendatang.

Berbeda dari sistem seleksi sebelumnya, jadwal pendaftaran CPNS 2019 akan dilangsungkan di tanggal yang sama. 

“ Pengumuman tersebut akan diikuti oleh pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019 mendatang,” kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 28 Oktober 2019.

 

© Dream

 

Ridwan mengatakan hal ini tertuang dalam Pengumuman Menteri PANRB No. B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Menurut Ridwan, pemerintah tahun ini tidak akan membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah mencapai separuh dari total PNS di Indonesia.

Penerimaan CPNS 2019 akan difokuskan pada formasi yang bisa berkontribusi memberikan perubahan.

3 dari 6 halaman

Siapkan Dokumen Ini!

Bagi masyarakat yang berminat, kata Ridwan, ada sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan. Dokumen-dokumen itu adalah scan KTP asli, pas foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya disyaratkan olen instansi.

Dokumen-dokumen ini diperlukan untuk diunggah saat pendaftaran online.

“ Dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempubikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Jangan Lupa Baca Ketentuan Pendaftaran

Ridwan menekankan masyarakat untuk membaca ketentuan rekrutmen CPNS di portal SSCASN. Kalau ada kesulitan, pelamar bisa mendapatkan informasi di kanal frequently asked question (FAQ) yang menyediakan jawaban atas masalah yang sering dihadapi pelamar.

Kalau tak tersedia jawabannya, BKN juga menyediakan kanal helpdesk untuk media pengaduan.

“ Dalam kanal tersebut akan tertuang sejumlah tahapan pengaduan yang dapat dilakukan pelamar untuk kemudian disampaikan solusinya oleh petugas helpdesk darin,” kata dia.

Ridwan menambahkan BKN juga akan membuka kanal helpdesk offline di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN. “ Kanal ini akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring,” kata dia. 

5 dari 6 halaman

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka 11 November, Ini Jadwal dan Cara Daftarnya

Dream – Pengumuman pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 batal dilakukan 25 Oktober 2019. Kabar terbaru, jadwal pendaftaran CPNS 2019 akan digelar pada 11 November 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, menegaskan telah menandatangani pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2019.

Dalam lembaran surat keputusan tersebut, pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka di 68 kementerian/lembaga dan 462 di pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. 

 

© Dream

 

“ Saya hari ini menandatangani pendaftaran CPNS,” kata Tjahjo di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Senin 28 Oktober 2019.

Sekadar informasi, dalam aturan rekrutmen para abdi negara, tertulis bahwa cara pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Dalam seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya, pelamar hanya boleh melamar untuk satu instansi dan formasi jabatan di Kementerian/Lembaga ataupun pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

6 dari 6 halaman

Tes CPNS Baru Digelar Februari 2020

Seluruh tahap tes akan dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tahap tes tersebut antara lain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dimulai pada Februari 2020, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Pengumuman lebih lanjut terkait persyaratan pendaftaran dan lain-lain akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan masing-masing instansi.

Dalam lembaran tersebut, pelamar juga diingatkan untuk berhati-hati terhadap penipuan dalam proses seleksi CPNS 2019 ini. Itu lantaran tidak ada satupun pihak yang dapat membantu proses kelulusan.


(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Beri Komentar