Dipastikan Cair Sebelum Lebaran, Ini Bocoran THR PNS

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 4 April 2022 13:34
Dipastikan Cair Sebelum Lebaran, Ini Bocoran THR PNS
Tunjangan Hari Raya (THR) untuk PNS dipastikan akan cair sebelum lebaran tahun ini.

Dream - Pemerintah memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) cair sebelum Idul Fitri 2022. Mekanisme pencairan PNS saat ini masih dibahas oleh Kemebterian Keuangan.

Menurut Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk THR sudah disiapkan.

" Kalau alokasi APBN selalu disiapkan," kata Yustinus, Sabtu 2 April 2022.

Namun dia tidak merinci nominal THR yang sudah disiapkan untuk PNS ini. " Bisa tanya Dirjen Anggaran," kata dia.

 

1 dari 2 halaman

Sementara, waktu pencairan THR PNS masih jadi pembahasan di Kemenkeu dan pihak terkait. Nantinya, pengumuman akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

" Saat ini RPP (Rancangan peraturan pemerintah) berproses dan nanti Bapak Presiden sendiri yang akan mengumumkan," terangnya.

Tahun lalu, skema pencairan THR diberikan secara bertahap. Pencairan pertama pasa H-10 hingga H-5 Idul Fitri.

 

2 dari 2 halaman

THR PNS Tahun Lalu

Pada tahun 2021, dana THR PNS yang dikucurkan pemerintah mencapai Rp45,4 triliun, sebagaimana yang disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Jumlah itu terbagi untuk alokasi THR pada pemerintah pusat dan daerah.

" Jumlah THR kita yang akan dibelanjakan untuk pusat mencapai Rp 30,6 triliun, dan untuk daerah akan mencapai Rp 14,8 triliun. Jadi totalnya mencapai Rp 45,4 triliun," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis, 22 April 2021.

Menurut dia, alokasi APBN Rp 45,4 triliun tersebut sudah sangat besar sekali jika dibandingkan dengan realisasi belanja pemerintah di tahun 2021 tersebut.

" Rp 45,4 triliun ini dibandingkan dengan belanja realisasi tahun ini yang bulan ini itu gede sekali. Jadi kalau ditanyakan apakah akan memberikan dampak positif, pasti," ujarnya.

Sumber: Liputan6.com

 

Beri Komentar