Doa Pembuka Rezeki yang Diajarkan Rasulullah dan Cara Bersyukur pada Allah SWT

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 20 Januari 2022 12:45
Doa Pembuka Rezeki yang Diajarkan Rasulullah dan Cara Bersyukur pada Allah SWT
Selain berikhtiar, doa juga sangat penting dalam upaya mendapatkan rezeki.

Dream – Sebagai seorang hamba Allah SWT, tentu dalam menjalani kehidupan ini tidak pernah terlepas dari doa. Sebab, manusia sebagai makhluk memiliki keterbatasan dan juga harapan. Ketika sedang dihadapkan pada masalah dan merasa kesulitan menemukan jalan keluarnya, maka tempat yang paling tepat untuk bersimpuh dan memohon pertolongan hanyalah Allah SWT.

Begitu pun ketika ada harapan, maka tujuan yang paling tepat untuk memohon adalah kepada Allah SWT melalui doa. Karena Allah SWT lah yang memiliki kuasa atas kehidupan makhluk dan yang memiliki hak penuh untuk memutuskan mana yang terbaik dalam kehidupan kita, termasuk rezeki yang akan kita peroleh.

Oleh karena itu, di samping berikhtiar atau berusaha, kita juga jangan lupa selalu memanjatkan doa pembuka rezeki. Karena berikhtiar tanpa adanya doa, maka hal tersebut akan sia-sia saja. Dan perlu diketahui juga bahwa rezeki yang Allah SWT berikan tidak hanya berupa harta saja. Tetapi bisa berupa kesehatan, keluarga yang harmonis, mendapatkan kasih sayang dari orang-orang terdekat, dan sebagainya.

Nah, berikut adalah doa pembuka rezeki yang bisa kamu amalkan serta beberapa cara untuk mensyukuri rezeki dari Allah SWT sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui Merdeka.com dan Kapanlagi.com.

1 dari 2 halaman

Doa Pembuka Rezeki

Doa Pembuka Rezeki© Shutterstock.com

Dalam upaya mendapatkan rezeki dari Allah SWT, doa pembuka rezeki adalah hal yang jangan sampai ditinggalkan. Hal ini karena Allah SWT adalah pemilik dari rezeki itu sendiri sekaligus pemilik kuasa untuk menentukan kapan dan seperti apa rezeki yang akan diberikan kepada hamba-Nya. Seperti dijelaskan dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Salman Al-Farisi ra yang dikutip dari Merdeka.com berikut ini:

Yang dapat menolak takdir hanyalah doa. Yang dapat menambah umur hanyalah amalan kebaikan.” (HR. Tirmidzi).

Sedangkan doa pembuka rezeki yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw setelah menjalankan sholat subuh adalah berikut ini:

اللَّهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَعِلْمًانَافِعًاوَرِزْقًاطَيِّبًاوَعَمَلًامُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “ Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik). (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).

Selain itu, Nabi Muhammad saw juga pernah membaca doa pembuka rezeki lainnya yang bunyinya sebagai berikut:

اللَّهُمَّاكْفِنِىبِحَلاَلِكَعَنْحَرَامِكَوَأَغْنِنِىبِفَضْلِكَعَمَّنْسِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “ Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu. (HR. Tirmidzi).

Kemudian dari Thariq pernah berkata bahwa ia melihat serta mendengar Nabi Muhammad saw didatangi seorang laki-laki dan laki-laki itu berkata sebagai berikut:

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .

Artinya: Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “ Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu."  (HR. Muslim).

2 dari 2 halaman

Cara Bersyukur kepada Allah SWT

Cara Bersyukur Kepada Allah SWT© Pixabay.com

Selama menjalani hidup ini sudah ada banyak sekali nikmat dan rezeki yang diberikan Allah SWT. Bahkan hingga saat ini kita masih bisa bernapas adalah bagian dari nikmat Allah SWT. Dengan segala nikmat dan rezeki yang Allah SWT berikan, sudah seharusnya untuk disyukuri. Berikut adalah cara-cara bersyukur sebagaimana dikutip dari Kapanlagi.com:

Mengingat Nikmat Allah SWT

Cara bersyukur yang pertama adalah dengan mengingat nikmat Allah SWT. Hal ini karena Allah SWT sangat suka pada hamba yang pandai dan selalu ingat untuk bersyukur kepada-Nya. Dengan kita selalu mengingat nikmat Allah SWT, maka Allah SWT pun juga akan mengingat kita. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 152 berikut ini:

فَاذْكُرُوْنِيْٓاَذْكُرْكُمْوَاشْكُرُوْالِيْوَلَاتَكْفُرُوْنِࣖ

Artinya: Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152).

Mengingat Janji Allah SWT

Allah SWT selalu memberikan janji yang baik kepada hamba-Nya. Dan tentu saja janji itu tidak akan pernah diingkari. Hal ini karena Allah SWT lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Seperti halnya rezeki yang diberikan Allah SWT.

Allah SWT sudah menentukan kepada siapa saja rezeki itu akan diberikan. Sebagai seorang hamba, tentu jangan lupa untuk selalu berikhtiar dan memanjatkan doa pembuka rezeki. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dengan cara mengingat janji-janji tersebut.

Berbagi pada Orang yang Membutuhkan

Harta yang kita miliki selama ini bukanlah sepenuhnya milik kita. Namun ada juga hak orang lain yang seharusnya diberikan. Di dunia ini ada sebagian orang yang hidupnya kurang beruntung, di mana ia mengalami kesulitan ekonomi. Sehingga hal ini sepatutnya menyadarkan kita untuk menjadi makhluk yang peduli kepada sesama.

Oleh karena itu, salah satu cara bersyukur kepada Allah SWT adalah dengan berbagi kepada orang yang membutuhkan. Karena berbagi tidak akan membuat kita kekurangan. Justru bisa menghadirkan kebahagiaan, ketenangan, dan pastinya dijauhkan dari siksa neraka.

Tidak Merusak Nikmat yang Allah SWT Berikan

Nikmat yang sudah Allah SWT berikan, sebaiknya selalu dijaga dan bukan dirusak. Hal yang bisa merusak nikmat Allah SWT adalah dari sikap hamba-Nya sendiri. Di mana dengan berlaku sombong, menggunakan hartanya sendiri tanpa mau berbagi, dan tidak bersyukur.

Karena pada hakikatnya, nikmat dan rezeki yang Allah SWT berikan hanyalah berupa titipan. Sehingga harus selalu dijaga dan jangan sampai dirusak. Dengan begitu, manfaatnya pun bisa dirasakan oleh diri sendiri dan juga orang lain.

Itulah doa pembuka rezeki yang bisa sahabat Dream amalkan serta beberapa cara untuk bersyukur kepada Allah SWT. Sehingga insya Allah nantinya rezeki itu akan dilimpahi dengan keberkahan.

Beri Komentar