Dolar Menguat: Tantangan Atau Peluang?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 15 Oktober 2018 10:42
Dolar Menguat: Tantangan Atau Peluang?
Saat ini, penguatan dolar AS menjadi sorotan.

Dream - Kenaikan dolar menjadi Rp15 ribu menimbulkan tantangan besar bagi semua industri di Indonesia, bahkan hingga tahun depan. Sebab, industri dasar menengah belum cukup siap untuk menghadapi pelemahan rupiah.

" Secara general, kondisi bisnis sangat menantang. Bahan baku masih diimpor. Kalau masih impor, dolarnya naik, pasti harganya pun naik," ujar Managing Director Nielsen Company Indonesia, Agus Nurdin, di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, ditulis Senin 15 Oktober 2018.

Agus mengatakan apresiasi dolar AS ini membuat harga minyak naik. Hal ini juga berimbas kepada kenaikan harga BBM.

“ Walaupun premium dan pertalite di-cancel, tapi sebenarnya harga memang harus naik. Mungkin pemerintah kasihan. Tapi, kalau pemerintahnya tidak ada uang, bagaimana mengasihaninya?” kata dia.

Tentu saja situasi ini menjadi tantangan besar untuk pemerintah agar bisa saling menguatkan kondisi perekonomian saat masyarakat berusaha meningkatkan daya beli.

" Mudah-mudahan ekspornya membaik supaya dolarnya masuk banyak dan daya belinya tidak turun. Tahun depan jangan sampai defisit seperti tahun ini,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Penguatan Dolar Jadi Mometum Emas

Tapi momentum ini merupakan kesempatan emas bagi para pengusaha dalam berinovasi menjadi market leader. Pengusaha bisa bertahan walaupun kondisi ekonomi sedang menurun.

" Tahun depan itu most challenging years setelah 1997-1998. Apalagi ada pilpres. Jadi 2018-2019 itu adalah kesempatan untuk semua industri bersaing. Siapa yang lincah berinovasi akan menang,” kata dia. (ism)

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir