'Sihir' TikTok Shop Dorong Bisnis UMKM

Reporter : Elvira F Saudi
Kamis, 11 Agustus 2022 18:46
'Sihir' TikTok Shop Dorong Bisnis UMKM
Penggiat dan pelaku UKM sebaiknya mengetahui hal ini guna mendongkrak bisnis

Dream - Beberapa bulan terakhir, industri fashion Indonesia menjadi salah satu tumpuan industri ekonomi kreatif. Menurut data Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, industri ini berkontribusi hampir 20 persen dari keseluruhan aspek.

Riuhnya industri fashion juga terlihat di TikTok, baik dari para kreator maupun brand lokal. Sahabat Dream mungkin menyadari makin menjamurnya brand-brand lokal indonesia dan ramainya kreator fashion TikTok di Indonesia.

TikTok Shop, platform e-commerce yang terintegrasi sepenuhnya dengan TikTok, juga melihat semakin banyak pelaku UKM di bidang fashion yang giat mengembangkan bisnis dan penjualannya di platform mereka. Beberapa brand lokal juga telah mendapatkan manfaat dari fitur ini, salah satunya Sweaterpolos.id. Dalam kurun kurang dari setahun, Sweaterpolos.id mampu mendulang likes sebanyhak 6,1 miliar, dan 749 followers di TikTok.

Kira-kira apa saja ya yang ditawarkan TikTok Shop untuk para penggiat UKM?

1 dari 2 halaman

Potensi besar budaya 'mager' untuk jadi cuan

Di zaman serba mudah, masyarakat cenderung merasa enggan untuk melakukan hal-hal yang ribet dan menyita waktu, salah satunya gonta-ganti platform untuk hiburan dan berbelanja.

Beberapa dari kita mungkin 'mager' berganti-ganti aplikasi untuk berbelanja setelah tergiur salah satu konten di media sosial. Belum lagi kalau handphone lag karena harus pindah-pindah aplikasi dalam waktu cepat.

 

TikTok Shop© Dream.co.id/Elvira Saudi


Terinspirasi kondisi itu, TikTok Shop membuat inovasi Shoppertainment, yaitu perpaduan platform hiburan dan perdagangan dalam satu aplikasi. Terobosan ini tentu akan memudahkan pengguna TikTok untuk berbelanja dan kroscek langsung barang yang ditawarkan, atau diendorse oleh salah satu content Creator di Tiktok tanpa harus berganti-ganti aplikasi.

Untuk mendukung program Shoppertainment, TikTok Shop menggaet UKM dalam negeri dan Content Creator Fashion Indonesia untuk berkolaborasi.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur TikTok Shop untuk memajukan UKM

Tak hanya itu, TikTok Shop juga menawarkan banyak fitur  yang bisa Sahabat Dream manfaatkan untuk mendongkrak bisnismu. Yang pertama adalah Short Video. Video dengan maksimal durasi 3 menit ini bisa kamu optimalkan dengan mengunggah konten-konten menarik.

Mulai dari behind the scene pembuatan konten, proses operasional toko, curhat keluh kesah seller, konten unboxing, menyorot produk terfavorit, dan masih banyak lagi. Dengan adanya stok konten short video dalam akun seller, pembeli bisa lebih yakin untuk melakukan transaksi setelah melihat-lihat isi profilmu. Hal ini juga bisa mempertegas kalau akun TikTok Shop milikmu bukan akun 'bodong' atau akun kosongan.

 

TikTok Shop© Dream.co.id/Elvira Saudi


Yang kedua, adalah fitur Livestream. Banyak seller yang 'closing' dengan fitur ini, lho Sahabat Dream. Dipandu host yang persuasif dan interaktif membuat momen lifestream tambah seru dan 'menggiurkan' untuk user lainnya. Dalam fitur ini, user bisa membeli produk yang ditunjukan host secara realtime juga, lho. Pembeli juga bisa mendapatkan voucher dengan diskon fantastis jika beruntung. Hal inilah yang menjadi daya tarik fitur Lifestream, membuat pembeli jadi betah berlama-lama menonton produk kita.


Yang terakhir adalah fitur Showcase, yaitu laman etalase produk. Dengan fitur ini, penjual dapat memamerkan produk unggulan dan menaruh promo dan diskon yang menarik pada produk yang dijual. Fitur Showcase akan membantu pembeli untuk melihat-lihat isi toko dan menentukan produk mana yang mau dipilih secara leluasa dan lebih santai. Jika ada promo dan diskon, pembeli juga dapat menemukan produknya dengan cepat, sehingga memperbesar kemungkinan transaksi di toko.

 

TikTok Shop© Dream.co.id/Elvira Saudi


Vony Susamto selaku Category Management di TikTok Shop berharap dengan adanya TikTok Shop, UKM lokal bisa mendapatkan dampak positif.

" Kita juga berharap dengan adanya program atau event yang kita adakan, bisa mengisnpirasi dan juga membawa dampak yang positif untuk pelaku UKM dan juga Creator di TikTok Shop" Tuturnya saat ditemui Dream di Kota Kasablanka, pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Ia juga menegaskan bahwa TikTok Shop berkomitmen untuk terus membantu UKM tetap maju dan bertumbuh.

" Dan seperti our commitment, TikTok Shop punya komitmen untuk terus membantu para pelaku UKM terus maju dan bertumbuh bersama TikTok Shop" tegasnya.

Beri Komentar