Empat Tren Pasar dan Industri Setelah Pandemi, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 7 November 2022 07:48
Empat Tren Pasar dan Industri Setelah Pandemi, Pelaku UMKM Wajib Tahu!
Ada empat tren pasar dan industri setelah pandemi di tahun 2022. Apa Saja?

Dream - Dunia bisnis terus berkembang dan mengalami perubahan, apalagi setelah pandemi Covid-19. Ada empat tren pasar dan industri setelah pandemi di tahun 2022.

Empat tren itu diungkap oleh Director Consumer Insight NielsenIQ Indonesia, Rusdy Sumantri, yang mengatakan para pengusaha khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus lebih melek dengan target konsumen serta pasar yang dituju.

“ Pelaku UMKM harus lebih melek akan target konsumen dan pasar yang dituju. Saat ini, terdapat empat tren pasar dan industri yang perlu diketahui oleh pelaku UMKM,” kata Rusdy Sumantri dalam talkshow ‘Panduan Usaha: Pasar & Tren Industri Setelah Pandemi’ Konferensi Maju Digital, dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 7 November 2022.

Pertama, value seeker, pelaku UMKM harus gencar dalam menyediakan berbagai jenis promo untuk menarik konsumen.

“ Karena saat ini konsumen lebih memperhatikan harga dalam membeli suatu produk,” ungkap Rusdy.

1 dari 2 halaman

Kedua, new online format, pelaku UMKM didorong untuk terus berinovasi dalam berjualan di berbagai channel online yang dimiliki.

Ketiga, assortment & pricing, pelaku UMKM dapat menentukan produk yang tepat dalam berjualan di channel online maupun offline. 

“ Hal ini dikarenakan adanya kecenderungan perbedaan basket size saat konsumen berbelanja online dan offline,” terang Rusdy.

 

 

2 dari 2 halaman

Terakhir, omni channel, pelaku UMKM perlu memikirkan model bisnis yang dapat menghadirkan pengalaman seamless bagi konsumen.

Rusdy juga mengatakan sebanyak 51,5 peresn Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia merupakan kontribusi dari permintaan domestik yang terus meningkat.

Khususnya pada konsumsi rumah tangga dan peran UMKM juga sangat besar untuk mengakomodasi permintaan konsumen. 

Beri Komentar