Faedah di Balik Penggunaan Mesin Turbocharged Wuling New Cortez, Bikin Konsumen Kesengsem!

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 23 September 2022 10:14
Faedah di Balik Penggunaan Mesin Turbocharged Wuling New Cortez, Bikin Konsumen Kesengsem!
Wuling justru meracik New Cortez menggunakan mesin Turbocharged dengan nilai faedah yang cukup tinggi bagi pemiliknya.

Dream - Wuling New Cortez menjadi satu-satunya model yang menggunakan mesin turbo pada segmen Midsize MPV. Adanya perangkat turbocharged memang terdengar cukup gahar, terlebih momok mesin dengan turbocharged sering membuat mobil cepat masuk keluar SPBU, karena kebutuhan BBM tidak lagi standar.

Penting diketahui, penggunaan perangkat turbocharged pada Wuling New Cortez yang notabene sebagai mobil MPV atau kendaraan keluarga kelas medium, tentu bukan untuk mengejar tenaga tambahan pada mobil mesin yang menggunakan turbocharged aftermarket.

Wuling justru meracik New Cortez menggunakan mesin Turbocharged dengan nilai faedah yang cukup tinggi bagi pemiliknya. Salah satu buktinya yakni penggunaan mesin 1.500 Cc yang tak lazim digunakan pada model MPV kelas medium yang memiliki bodi cukup besar.

Tentu mengandalkan tenaga mesin dengan kubikasi 1.5 liter justru akan menjadi preseden buruk dimana tenaga mesin dengan bobot kendaraan tidak akan sesuai, hingga berisiko mobil bisa disebut loyo dan tidak bertenaga.

 

1 dari 2 halaman

Sama halnya dengan MPV bodi besar, kebanyakan produsen justru membenamkan mesin dengan kubikasi besar seperti 2.0 liter. Tentu mesin kapasitas besar ini akan berisiko terhadap borosnya penggunaan bahan bakar kendaraan.

Sehingga fungsi turbocharged sendiri, dibenamkan sebagai solusi bagi penggunaan mesin dengan kapasitas kecil untuk memberikan pasokan tenaga tambahan pada kinerja mesin Wuling New Cortez.

Faedahnya paduan mesin kapasitas kecil dan perangkat turbo menjamin kebutuhan tenaga mesin yang responsif namun tidak boros bahan bakar. Racikan inilah yang kemudian menjadi salah satu penawaran yang diberikan New Cortez sebagai mobil keluarga yang tak hanya nyaman namun tetap bertenaga.

Di atas kertas Wuling New Cortez dibekali mesin bensin 1.5L Turbocharged yang menghasilkan tenaga mencapai 140 HP dan melontarkan torsi maksimum 250 Nm pada putaran 1.600 rpm hingga 3.600 rpm. Sebagai pendistribusi tenaga ke roda depan, MPV Wuling ini mengandalkan kepada Continuous Variable Transmission, dimana perpindahannya halus dan responsif.

2 dari 2 halaman

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, menjelaskan New Cortez merupakan Smart MPV yang mendapat penyegaran di beberapa sektor demi memberikan kenyamanan dan nuansa elegan kepada pemiliknya.

" Sebagai mobil keluarga multiguna, New Cortez mengedepankan aspek kenyamanan dengan peningkatan ergonomi, termasuk kemudahan melalui beragam fitur pintarnya," ujar Danang dalama keterangan tertulis, Jumat 24 September 2022.

Wuling New Cortez memiliki fitur keselamatan aktif dan pasif diantaranya rear parking camera, front & rear parking sensor, seat belt reminder, Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Dual SRS Front & Side Airbags, ISOFIX car seat, Electronic Stability Control (ESC), front and rear disc brake, Electric Parking Brake, sistem deselerasi ABS, EBD, BA, Tire Pressure Monitoring System, Emergency Stop Signal (ESS), hingga anti fatigue warning.

MPV terbaru dari Wuling ini dipasarkan dalam empat pilihan warna, yaitu Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver dan Starry Black. Mengenai layanan purna jual New Cortez, Wuling memberikan garansi mulai dari garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000 kilometer, gratis biaya jasa servis berkala sampai 50.000 kilometer atau 4 tahun, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Berikut daftar harga Wuling New Cortez Turbo 2022 (on the road DKI Jakarta):

- Tipe CE Rp268,3 juta

- Tipe EX Rp306,6 juta

Beri Komentar