Foto Jadul Sri Mulyani-Jokowi 22 Tahun Silam Hari Ini, Beda Posisi Sama Situasi

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 14 Agustus 2020 07:47
Foto Jadul Sri Mulyani-Jokowi 22 Tahun Silam Hari Ini, Beda Posisi Sama Situasi
Kini 22 tahun sejak pertemuan itu, Sri Mulyani dan Jokowi bahu-membahu mengatasi krisis ekonomi dunia akibat Covid-19 yang ikut menyeret perekonomian Indonesia

Dream - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengunggah foto pertemuan pertamanya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat keduanya masih belum menjadi pejabat negara. Yang mengejutkan, pertemuan 22 tahun lalu di hari ini ini terjadi saat kondisi ekonomi Indonesia sedang sulit.

Foto lawas yang diunggah di akun Facebook itu memperlihatkan Sri Mulyani yang saat itu masih menjadi Ekonom dan dosen di Universitas Indonesia (UI). Sementara Jokowi adalah seorang pengusaha eksportir kayu.

Meski sudah berusia 22 tahun, foto pada 14 Agustus 1998 seperti mengulang kondisi yang sama di tahun ini. Situasi ekonomi yang sedang sulit dengan penyebab yang berbeda.

" Throwback 22 Tahun yang Lalu. 14 Agustus 1998 - 22 tahun lalu kamu ada dimana?" tulis Sri Mulyani dalam unggahannya.

 

1 dari 2 halaman

Cerita di Balik Foto 22 Tahun Lalu

Sri Mulyani Indrawati Menkeu© Facebook

(Foto: Facebook Mayor Haristanto)

Seperti diketahui, ekonomi Indonesia tahun 1998 tengah mengalami krisis ekonomi yang dahsyat. Ekonomi merosot tajam minus 13,7 persen dan mata uang Rupiah kolaps dari Rp 2350 menjadi Rp 16.000 per dollar Amerika.

" Banyak perusahaan dan bank besar kecil mengalami kebangkrutan," kenang alumnis SMA di Semarang ini.

Pertemuan itu terjadi ketika Sri Mulyani yang dikenal sebagai ekonom Universitas Indonesia diundang dalam sebuah seminar di Solo untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan.

Pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Jokowi yang saat itu menjabat seorang pengusaha eksportir furniture. Diungkapkan Sri Mulyani, Jokowi yang kini menjadi atasannya mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut karena penerimaan ekspor dalam US dollar melonjak lebih dari enam kali lipat,

" Pak Jokowi menggunakan “ windfall profit” secara bijaksana dengan menambah kapasitas produksi, berhasil memanfaatkan situasi krisis justru untuk mengembangkan usahanya," puji Sri Mulyani.

 

2 dari 2 halaman

Cerita 22 Tahun Kemudian

Kini, 22 tahun kemudian, Jokowi yang menjabat Presiden Republik Indonesia telah memintanya untuk menjadi Menteri Keuangan. Seperti mengulang adegan yang sama, pertemuan itu terjadi di saat dunia menghadapi krisis akibat Pandemi Covid-19.

Sri Mulyani sebagai Menkeu dan Jokowi sebagia presiden berupaya mengatasi masalah ekonomi berat yang dihadapi Indonesia.

" Program pemulihan ekonomi terus digenjot - untuk membantu masyarakat, memulihkan dan membangkitkan usaha kecil menengah, dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi," ujarnya.

Di akhir unggahannya, Sri Mulyani mengajak followernya untuk membayangkan akan menjadi apa setelah 22 tahun ke depan." Rajut masa depanmu dengan tidak berhenti belajar, bekerja keras, jujur dan cerdas. Miliki mental baja, jangan menyerah menghadapi cobaan dan ujian apapun. Jangan lupa selalu berdoa..!," pesan Menkeu.

Beri Komentar