Foto Penampakan Terkini Stasiun LRT Jabodebek

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 15 Januari 2019 07:30
Foto Penampakan Terkini Stasiun LRT Jabodebek
Moda transportasi ini akan beroperasi dua tahun lagi.

Dream – PT Adhi Karya Tbk saat ini masih menyelesaikan proses pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Biaya pembangunan proyek ini menghabiskan dana Rp673 miliar perkilometer.

Rencananya LRT yang dibangun sepanjang 44,3 kilometer ini akan mulai dioperasikan sepenuhnya pada tahun 2021 mendatang.

Saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 56 persen.

 LRT ini rencananya akan beroperasi pada 2021.

Jurnalis Dream, Muhammad Ilman Nafi'an berkesempatan untuk mengunjungi beberapa lokasi pembangunan stasiun LRT yakni di Cawang, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Ciracas, Jakarta Timur.

Dalam kunjungan pertama di Stasiun LRT Cawang, masih terlihat konstruksi besi saja. Sekilas, penampakan bangunan yang akan menjadi tempat naik dan turunnya penumpang ini belum terlihat layaknya seperti sebuah stasiun.

Para pekerja tengah sibuk memasang rangkaian besi yang nantinya akan dicor. Stasiun Cawang ini, merupakan tempat transit perjalanan dari Stasiun LRT Bekasi Timur, Ciracas dan beberapa stasiun lain menuju stasiun Setiabudi, Jakarta Selatan, Kuningan, Jakarta Selatan hingga Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Bergeser ke Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dari kejauhan terlihat adanya konstruksi atap baja yang melengkung. Mirip seperti terowongan.

 Pembangunan proyek LRT di Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Meski masih ada pekerjaan konstruksi, progres pembangunan di Stasiun TMII ini lebih cepat dibanding Stasiun LRT Cawang.

Stasiun LRT TMII yang berada di sebrang Taman Mini Square ini memiliki dua lantai. Di mana lantai pertama digunakan untuk membeli tiket. Dan lantai ke dua merupakan tempat LRT.

Pekerjaan yang saat ini sedang dikejar di Stasiun LRT TMII yakni pemasangan tranmisi. Menurut General Manager LRT Jabodebek, Isman Widodo, semua rel sudah terpasang di 18 stasiun LRT yang sedang dibangun.

Kondisi sama juga berada di Stasiun LRT Ciracas yang bentuknya bentuknya sudah terlihat, namun proses pengerjaan konstruksi masih dilakukan.

 Progres pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 56 persen.

Rencananya, kereta LRT pertama yang dibuat oleh PT INKA akan datang pada Juni 2019 mendatang.

" Kereta pertama Juni 2019 dari INKA, kemudian terus berlangsung," ujar Isman di Stasiun LRT TMII, Jakarta Timur, Senin 14 Januari 2019.

Total, LRT yang dipesan dari INKA ada 31 rangkaian kereta. Masing-masing rangkaiannya mampu membawa 800 penumpang.

Beri Komentar