Selalu Gagal Seleksi Kartu Prakerja? Cek Status NIK Kamu di Lembaga Lain

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 3 September 2021 16:12
Selalu Gagal Seleksi Kartu Prakerja? Cek Status NIK Kamu di Lembaga Lain
Lalu, harus bagaimana?

Dream – Program Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 19 dan sudah diumumkan. Bahkan, dikabarkan program ini akan dibuka untuk gelombang ke-20.

Pendaftaran Kartu Prakerja ini memang dibatasi. Hanya ada kuota sebanyak ratusan ribu orang. Misalnya, gelombang ke-19 memberikan kuota sebanyak 800 ribu orang.

Namun, sayangnya ada saja yang terkendala saat mendaftar hingga akhirnya gagal mengikuti program itu. Misalnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdaftar di lembaga lain.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah cara-caranya, dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Jumat 3 September 2021.

1 dari 4 halaman

Ini Caranya

1. NIK terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima BLT/BSU.

Cek status penerima BSU di situs www.bsu.kemnaker.go.id atau Call Center di nomor 1500 630.

2. NIK terdaftar sebagai penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro)

Bisa dicek status penerima bantuan di eform.bri.co.id/bpum.

3. NIK terdaftar di Kemendikbud.

Cek statusmu di Sekolah, Perguruan Tinggi terkait atau Kemendikbud untuk memperbarui statusmu.

2 dari 4 halaman

Kalau NIK Tidak Terdaftar?

4. NIK terdaftar sebagai penerima Bansos.

Kamu bisa melaporkan ke dtks.kemensos.go.id.

5. KTP atau NIK tidak valid

Kalau untuk ini, kamu bisa menghubungi Dukcapil di nomor 1500-538. Sahabat Dream juga bsia mengunjungi kantor Dukcapil terdekat di kota.

“ Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/tanya-jawab,” tulis @prakerja.go.id.

3 dari 4 halaman

Kartu Prakerja 2,8 Juta Peserta Dibuka, Pendaftaran Mulai Bulan Ini

Dream – Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja batch II sebagai kelanjutkan dari antisipasi dampak PPKM Darurat. Program ini akan mula dibuka bulan ini, Juli 2021.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 6 Juli 2021, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan kuotanya untuk program Kartu Prakerja terbaru ini sebanyak 2,8 juta orang.

 

© Dream

 

“ Kartu Prakerja untuk penyerapan batch kedua bisa dilaksanakan pada Juli. Prakerja untuk 2,8 juta peserta juga bisa dieksekusi Juli-Agustus,” kata Sri Mulyani di Jakarta.

Perekrutan ini dibuka seiring dengan pemberlakuan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021. “ Kita berharap akan bisa tersalurkan Rp 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta,"

4 dari 4 halaman

Jadwal Perekrutan Kartu Prakerja Sedang Disiapkan

Sebelumnya, Sri Mulyani juga sempat mengungkapkan, pemerintah siap kembali membuka program Kartu Prakerja sesuai realisasi selama satu semester hingga 30 Juni 2021. Perekrutan ini dibuka seiring dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021.

" Semester II dan juga berkaitan dengan PPKM darurat, ," kata Sri Mulyani.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, sedang bersiaga untuk membuka jadwal perekrutan Kartu Prakerja.

“ Saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan Komite Cipta Kerja untuk menentukan jadwal dan mekanismenya. Segera kami sampaikan bila sudah ada keputusan,” kata Louisa kepada rekan wartawan.


(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Beri Komentar