Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Ditunda!

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 9 September 2020 11:35
Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Ditunda!
Namun program pembangunan kawasan penyangga di Samarinda dan Balikpapan akan tetap lanjut.

Dream - Pemerintah akhirnya resmi menunda program pemindahan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Keputusan itu dibuat memgingat fokus pemerintah saat ini adalah memerangi Pandemik Covid-19.

Meski menunda pemindahan, sejumlah pembangunan infrastruktur dasar di daerah penyangga calon ibu kota baru ini akan tetap dilanjutkan.

Keputusan penundaan itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa, 8 September 2020.

Menurut Suharso pembangunan infrastruktur dasar di kawasan penyangga calon ibu kota akan berjalan sesuai dengan agenda masterplan yang sudah dibuat.

" Kita tetap melanjutkan masterplan (IKN). Seperti pembangunan infrastruktur dasar di kota penyangga di Samarinda dan balikpapan," jelasnya.

 

 

1 dari 4 halaman

Kabar penundaan program pemindahan ibu kota juga dibenarkan Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi seperti dikutip Merdeka.com. Melalui pesan singkatnya, Jodi mengatakan penundaan proyek IKN dikarenakan fokus Pemerintah saat ini adalah penanganan pandemi Covid-19.

" Penundaan proyek IKN, karena Pemerintah saat ini masih fokus penanganan Covid-19," tulisnya.

Sebelumnya, Jodi menegaskan bahwa anggaran negara akan diprioritaskan untuk penanganan Covid-19. Di antaranya untuk kesehatan masyarakat, perlindungan terhadap daya beli masyarakat, dan menjaga keberlangsungan sektor usaha terutama UMKM.

Pernyataan tersebut disampaikan Jodi menyusul pemberitaan mengenai pembangunan ibu kota negara (IKN) atau ibu kota baru yang terus berjalan di tengah wabah virus corona jenis baru, yang kemudian menimbulkan asumsi di masyarakat bahwa pemerintah tidak sungguh-sungguh dalam memprioritaskan anggaran. (Sah, Sumber: Liputan6.com)

2 dari 4 halaman

Ini 5 Desain Ibu Kota Negara Baru dari Sayembara Kementerian PU

Dream - Panitia Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) akhirnya mengumumkan para pemenang sayembara. Ada kelima pemenang yang terpilih dalam kompetisi ini.

Kelima pemenang itu terbagi atas juara I, II, III, serta dua pemenang harapan I dan II.

" Menurut Direktur Jenderal @DitjenCK, Danis Sumadilaga, IKN bukan hanya akan menjadi simbol identitas bangsa, tapi juga representasi kemajuan bangsa sekaligus demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi," cuit Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), @KemenPU, Senin 23 Desember 2019.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengharapkan IKN nantinya tak hanya bagus tetapi juga punya pembeda dengan kota yang lain.

Nantinya, lanjut Basuki, tiga desain pemenang utama ini akan dikolaborasikan dan disesuaikan.

" Selain itu, menurut Menteri Basuki, tiga desain pemenang utama Sayembara Gagasan Kawasan Ibu Kota Negara ini nantinya akan dikolaborasikan dan disesuaikan dengan kondisi lapangan," cuit @KemenPU.

3 dari 4 halaman

Juara Harapan II: Banua Rakyat Nusantara

Banua Rakyat Nusantara.© Akun Twitter @KemenPU



Juara Harapan I: Zamrud Khatulistiwa

Zamrud Khatulistiwa© akun


Juara III: Seribu Galur 

Seribu Galur© Akun Twitter @KemenPU



4 dari 4 halaman

Juara II: The Infinite City

 

The Infinite City© Akun Twitter @KemenPU


Juara I: Nagara Rimba Nusa 

Nagara Rimba Nusa© Akun Twitter @KemenPU


(Sah)

Beri Komentar