Keren! `Menara Tanaman` dari Belitung Pikat Pembeli Asing

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 14 Oktober 2017 07:02
Keren! `Menara Tanaman` dari Belitung Pikat Pembeli Asing
Kini, teknik aquaponic sudah berkembang sehingga kamu tak perlu repot mencari lahan bercocok tanam.

Dream - Sempitnya lahan yang tersedia di kawasan perkotaan kerap membuat masyarakat kesulitan bercocok tanam dan memelihara ikan. Tetapi, kesulitan tersebut tampaknya bakal teratasi.

Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Arumdalu Lab mampu menghasilkan produk inovasi bercocok tanam. Produk ini sangat cocok untuk kaum urban di perkotaan.

Berawal dari resort Arumdalu di Membalong, Belitung yang kerap kesulitan mendapat sayuran segar, mereka menciptakan produk untuk bercocok tanam sembari beternak ikan di lahan sempit. Produk itu bernama Your Simple Garden.

 Your Simple Garden

Marketing Product Mivtah Armandiyansyah mengatakan Your Simple Garden menggunakan teknologi aeroponik-aquaponik. Ikan yang diternak di kotak semacan aquarium itu digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman.

" Jadi kotoran ikan akan disaring dan nanti jadi nutrisi buat tanaman. Nggak pakai pupuk," kata Mivtah kepada Dream di Trade Expo Indonesia, ICE-BSD Serpong, Tangerang, Banten, Jumat, 13 Oktober 2017.

Biasanya, kata Mivtah, ikan yang dipelihara berasal dari jenis lele dan patin.

Mivtah mengklaim, selain sayuran, produk ini juga dapat menumbuhkan buah. Dia mengaku berhasil menumbuhkan stroberi dengan alat ini.

Saat ini, produk Your Simple Garden telah diekspor hingga ke Kuwait dan Jepang. Mereka menyasar pangsa pasar personal.

" Jadi masih sektor privat," ucap dia.

 Your Simple Garden

Meski begitu, produk yang telah dipantenkan ini mendapat perhatian khusus dari pengunjung internasional. " Mereka ada yang ingin menjadi pemasok di negara mereka," ucap dia.

Saat ini Arumdalu Lab menargetkan pasar bagi para penghuni apartemen yang ingin bercocok tanam tetapi terbatasi oleh lahan yang sempit.

Produk Your Modern Simple privat dijual dengan harga Rp8 juta hingga Rp9 juta. Sementara untuk yang berukuran besar yang cocok bagi untuk restoran dan bisnis dijual dengan harga Rp60 juta.

" Kami menciptakan petani modern," ujar dia.(Sah)

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian