Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ini 6 Cara Terbaik Atasi Karyawan Tak Bahagia Usai Lebaran

Ini 6 Cara Terbaik Atasi Karyawan Tak Bahagia Usai Lebaran Ilustrasi (http://images.humanresourcesonline.net.s3.amazonaws.com/)

Dream - Memimpin sebuah tim tidak mudah dan membutuhkan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya. Bahkan jika Anda memiliki keterampilan ini, di beberapa titik, Anda akan dihadapkan dengan tantangan yang berhubungan dengan seorang karyawan yang tak bahagia.

Meskipun jarang menjadi masalah serius, Anda perlu belajar enam praktik terbaik berikut untuk mengelola karyawan yang tidak bahagia yang dikutip dari Enterpreneur, Sabtu, 18 Juli 2015. Hari Lebaran menjadi momentum untuk mengatur karyawan yang tak bahagia di kantor.

Menilai situasi secara menyeluruh

Menilai dan menganggap adalah dua kata yang sangat berbeda. Sebelum Anda membuat kesimpulan, luangkan waktu untuk menggali dan benar-benar mencari tahu apa yang terjadi dengan karyawan yang tak bahagia.

Cari tahu mengapa mereka marah. Mereka bisa marah dengan Anda, status pekerjaan mereka saat ini atau rekan-rekan mereka. Ada juga kemungkinan bahwa mereka tidak bahagia karena sesuatu yang tidak berhubungan dengan tempat kerja.

Jika masalah berasal dari dalam perusahaan Anda, kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan bagaimana harus bertindak. Tetapi bahkan jika itu faktor gaya hidup yang mempengaruhi perilaku karyawan Anda, jangan mengabaikannya hanya karena berasal dari luar perusahaan Anda. Menawarkan bantuan, baik melalui program bantuan karyawan resmi atau cara lain, akan membangun loyalitas mereka kepada perusahaan Anda.

Jangan menunggu

Waktu terbaik untuk mengatasi situasi adalah secepatnya. Semakin lama Anda menunggu untuk mengatasi masalah meski sudah mengetahui penyebabnya, semakin banyak waktu terbuang sia-sia. Mungkin akan terjadi percakapan tidak menyenangkan, tetapi hal itu tetap akan terjadi.

Selain itu, setelah selesai menghadapi situasi tersebut, Anda mungkin perlu untuk berbicara kepada seluruh karyawan. Dengan membuat pernyataan yang jelas akan membuat karyawan lain tahu bahwa situasi telah ditangani dengan baik.

Menjaga privasi

Setelah semua situasi sudah teratasi, langkah terbaik selanjutnya adalah bertemu dengan karyawan yang tak bahagia secara pribadi. Langkah ini tidak hanya melindungi Anda dari gosip karyawan lain, tetapi juga memberi persepsi soal keamanan bagi karyawan.

Mungkin dengan melakukan pendekatan personal, karyawan tak bahagia bisa mengutarakan alasan sebenarnya sehingga Anda bisa mencarikan solusi dalam suasana yang pribadi. Dokumentasikan percakapan Anda dengan karyawan dan buat rincian dari setiap resolusi Anda.

Minta karyawan menandatanganinya untuk mencegah mereka membuat kekacauan akibat kata-kata "katanya, dia berkata" yang akan mempengaruhi lingkungan Anda bekerja di masa depan.

Selalu menjaga emosi dan bersikap tenang

Bekerja di kantor yang panas memang tidak nyaman, entah itu mengacu pada suhu atau suasana yang tercipta. Penting untuk selalu menjaga kepala tetap dingin saat menangani karyawan yang tidak bahagia. Jika mereka mulai marah, berbicaralah dengan lembut dan berikan mereka waktu untuk menenangkan diri. Jika situasi memanas, minta mereka untuk tetap profesional dengan ramah.

Jika tidak membantu, keluar dari situasi tersebut dan beri mereka ruang untuk mengekspresikan kemarahan secara pribadi, tanpa Anda terlibat di sana. Karyawan yang tidak nyaman menangani emosi mereka mungkin perlu beberapa waktu untuk memproses diri sendiri sebelum mereka kembali dan bisa berkomunikasi secara profesional.

Semua butuh waktu

Sebagai profesional bisnis, kita selalu ingin memperbaiki masalah secepat mungkin. Namun tidak semuanya bekerja dalam setiap situasi. Perlu diingat ketika berhadapan dengan karyawan yang tidak puas mungkin diperlukan lebih dari satu pertemuan untuk bisa keluar dari masalah. Jika seseorang tidak merasa puas selama satu bulan, bisa jadi tidak akan selesai dalam pertemuan yang hanya satu jam.

Selalu buat catatan

Yang paling penting, selalu dokumentasikan percakapan, pertemuan dan hasilnya. Langkah itu penting untuk keselamatan Anda dan karyawan. Mungkin catatan itu bisa menyelamatkan Anda dari gugatan. Kita semua berharap untuk menyelesaikan masalah karyawan tak bahagia dengan akhir yang bahagia.

Sayangnya, upaya untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah karyawan tak bahagia tidak semuanya berakhir seperti ini. Alih-alih mendapat hasil positif, Anda mungkin dalam posisi terpaksa mengeluarkan rencana perbaikan kinerja atau pemutusan hubungan kerja. Selalu ingat, tidak setiap pekerjaan tepat untuk semua orang.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

Begah tidak hanya karena terlalu banyak makan tapi bisa jadi karena kebiasaan makan yang kurang tepat dimana memberi beban tambahan pada kerja lambung.

Baca Selengkapnya
60 Kata-Kata Semangat Kerja untuk Diri Sendiri, Bikin Lebih Produktif dan Fokus pada Tujuan

60 Kata-Kata Semangat Kerja untuk Diri Sendiri, Bikin Lebih Produktif dan Fokus pada Tujuan

Membaca kata-kata semangat kerja untuk diri sendiri bisa mendapatkan energi positif dan membuatmu semakin semangat berjuang.

Baca Selengkapnya
Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Pancarkan cantikmu di momen Lebaran dengan rekomendasi perawatan ini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga,  Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga, Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Saat berpuasa dianjurkan agar tetap aktif, meski tidak berlebihan.

Baca Selengkapnya
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Tips Lamar Kerja Walau Beda Jurusan Saat Kuliah

Tips Lamar Kerja Walau Beda Jurusan Saat Kuliah

Bagaimana mendapatkan pekerjaan walaupun berbeda dengan jurusan yang diambil saat pendidikan?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

Sahabat Dream pernah gak sih mengalami kejadian kaya ini? Kira-kira apa yang akan kalian lakukan?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih batal istirahat setelah kerja keras karena teringat cicilan. Yuk berbagi. Kali aja ada yg senasib

Baca Selengkapnya