10 Profesi yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker, Hati-Hati!

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 12 Juni 2019 15:48
10 Profesi yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker, Hati-Hati!
Apa tempat kerja Anda memiliki lingkungan yang sehat bagi kesehatan?

Dream - Sebagai seorang pekerja, kita juga harus memikirkan kondisi kesehatan tubuh. Tanpa disadari, terkadang kondisi lingkungan kerja justru bisa membuat kesehatan terganggu. Kabar buruknya, ada beberapa pekerjaan yang bisa meningkatkan risiko kanker, lho.

Berdasarkan laporan America Cancer Society yang dilansir dari Bold Sky, tempat kerja bisa jadi pemicu kanker, seperti bekerja di landasan pacu bandara, yang dapat menyebabkan kanker kulit dan kanker payudara. Pada dasarnya, tempat kerja yang kurang sehat juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan mental pekerja.

Paparan berbagai macam radiasi dan bahan kimia, hingga paparan sinar matahari yang berlebih, dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko kanker. Lebih lengkapnya, berikut 10 pekerjaan yang bisa meningkatkan resiko kanker:

1 dari 5 halaman

Pekerja Konstruksi dan Industri Karet

Kanker kulit menjadi salah satu jenis kanker yang umum biasa dialami oleh pekerja konstruksi, akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Selain itu, para pekerja konstruksi juga dihantui dengan Mesothelioma, yaitu jenis kanker berbahaya yang menyerang paru-paru, dan jantung. Mesothelioma diakibatkan karena terlalu banyak menghirup serat asbes.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Selain pekerja konstruksi, para pekerja di pabrik karet juga harus dihantui dengan berbagai jenis penyakit akibat paparan bahan kimia. Asap dan debu yang dihasilkan dari pabrik karet bisa menyebabkan kanker perut, kanker paru-paru, dan kanker kandung kemih. Selain itu, pekerja di pabrik karet cenderung mudah terkena penyakit leukemia dan lipoma.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

2 dari 5 halaman

Pekerjaan Daur Ulang dan Petani

Bagi sebagian orang, memilah sampah yang masih bisa dimanfaatkan seperti sampah elektronik, sangat menguntungkan dan bisa menambah penghasilan. Walaupun terlihat sepele, namun pekerjaan yang satu ini cukup berbahaya bagi kesehatan.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

Untuk melakukan pekerjaan daur ulang, para pekerja diharuskan membongkar komponen elektronik dan bahan-bahan berbahaya lainnya, yang mengandung racun logam berat. Apabila kandungan berbahaya ini terus mengenai tubuh, maka akan dapat meningkatkan risiko kanker ginjal, kanker hati hingga kanker paru-paru.

Seperti yang diketahui, bahwa Indonesia adalah negara agraris yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir Bold Sky, dampak dari bertani bagi perempuan, ialah dapat meningkatkan risiko kanker. Selain itu, paparan asap knalpot, pestisida, dan bahan kimia lain, juga dapat meningkatkan risiko lipoma, leukemia dan penyakit lainnya.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

3 dari 5 halaman

Pekerja Salon Kecantikan: Hairstylist dan Manicurists-Pedicurists

Menjadi seorang penata rambut atau pekerjaan lain yang berkaitan dengan dunia salon, banyak digemari oleh kaum Hawa, walau tidak menutup kemungkinan pekerja pria juga ada di salon. Namun, pekerjaan yang satu ini tak kalah berisiko seperti halnya pekerja konstruksi.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

Bedanya, para pekerja salon, terutama penata rambut banyak menerima paparan bahan kimia dari cat rambut dan bahan-bahan lain yang digunakan untuk mewarnai rambut. Apabila paparan ini berlangsung terus menerus, dapat menyebabkan kanker kandung kemih, kanker laring, dan paru-paru.

Selain penata rambut, pekerja salon kuku juga harus waspada dengan kandungan bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai kuku, seperti pembersih kuku dan pewarna. Kandungan formalin dan titanium dioksida yang digunakan dapat menurunkan imunitas apabila terhirup terus menerus.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

4 dari 5 halaman

Mekanik dan Pekerja Tambang

Sama seperti halnya pekerja daur ulang elektronik yang sudah disebutkan sebelumnya, para mekanik mesin juga harus berurusan dengan logam berat. Di mana logam berat tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

Selain itu, para mekanik juga harus berurusan dengan asbes, petroleum, dan benda berbahaya lain yang membuat risiko mesothelioma menghantui mereka.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

Bekerja di pertambangan dikenal berat dan membahayakan nyawa. Selain itu, pekerjaan ini juga sangat membahayakan kesehatan. Meningkatnya resiko kanker paru-paru membayangi para pekerja tambang, akibat menghirup asap diesel dan debu yang dihasilkan dari proses penambangan.

5 dari 5 halaman

Kru Penerbangan dan Pekerja Shift

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

Paparan sinar UV dan radiasi kosmik berlebih menjadi risiko bagi para kru penerbangan yang diharuskan bekerja di tempat yang tinggi. Seperti pilot, pramugari dan kru penerbangan lainnya, beresiko terkena kanker kulit yang dapat membuat berkembangnya sel pembawa pigmen dalam kulit.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

Selain itu, para pekerja yang bekerja shift, terutama night shift juga memiliki resiko terkena kanker akibat dari gangguan ritme sirkadian. Hal tersebut mengakibatkan gangguan tidur, dan fungsi normal tubuh, yang berimbas pada kanker payudara, meningkatnya resiko kanker paru-paru, kerusakan jantung dan penyakit pembuluh darah.

Perlu digaris bawahi, bahwa setiap pekerjaan pasti memiliki resiko yang berbeda. 10 pekerjaan tersebut mungkin berbahaya, namun sudah ada regulasi keamanan yang bertujuan untuk mengurangi resiko tersebut. Apabila Sahabat Dream memiliki masalah kesehatan akibat lingkungan kerja yang kurang sehat, segera hubungi dokter ya!

Sumber: Bold Sky

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary