Sah! Irfan Setiaputra jadi Dirut Garuda Indonesia, Yenny Wahid Komisaris

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 22 Januari 2020 12:30
Sah! Irfan Setiaputra jadi Dirut Garuda Indonesia, Yenny Wahid Komisaris
Mantan Kepala Bekraf, Triawan Munaf ditunjuk menjadi komisaris utama Garuda Indonesia.

Dream - Jajaran direksi dan komisaris baru PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) akhirnya resmi ditetapkan. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui pengangkatan Irfan Setiaputra sebagai direktur utama baru menggantikan Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara).

Irfan bukan orang baru di kalangan perusahaan milik pemerintah. Pria tinggi jangkung ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Dirut PT Inti (Persero) di era Menteri BUMN, Sofyan Djalil. 

Selain Dirut baru, pemegang saham Garuda Indonesia juga menyetujui penunjukan Triawan Munaf menjadi komisaris utama maskapai penerbangan pelat merah ini. Triawan sebelumnya merupakan mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Nama terkenal lain yang duduk di jajaran komisaris Garuda Indonesia adalah Yenny Wahid, putri dari Presiden Keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. 

Mengutip laman Liputan6.com, Rabu 22 Januari 2020, berikut adalah daftar lengkap jajaran komisaris dan direksi Garuda Indonesia.

1 dari 5 halaman

Komisaris


1. Komisaris Utama: Triawan Munaf

2. Wakomut Komisaris: Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen : Yenny Wahid

4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan

5. Komisaris: Peter Gontha

2 dari 5 halaman

Direksi

1. Direktur Utama : Irfan Setiaputra

2. Wakil Direktur Utama : Dony Oskaria

3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fuad Rizal

4. Direktur Operasi : Tumpal Manumpak Hutapea

5. Direktur Human Capital : Aryaperwira Adileksana

6. Direktur Teknik : Rahmat Hanafi

7. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT : Ade R. Susardi

8. Direktur Niaga dan Kargo : M. Rizal Pahlevi

(Sumber: Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

3 dari 5 halaman

Bursa Calon Dirut Baru Garuda Jelang RUPSLB, Inikah Kandidatnya?

Dream - Jelang pengumuman jajaran direksi baru PT Garuda Indonesia Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) besok, Rabu, 22 Januari 2020, sejumlah nama santer disebut akan mengisi posisi kosong Direktur Utama (Dirut).

I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, `Kapten`Garuda Indonesia sebelumnya diberhentikan Kementerian BUMN setelah kasus barang bawaan ilegal di dalam pesawat Airbus yang baru didatangkan perusahaan.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 21 Januari 202, ada beberapa tokoh terkenal, seperti mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi hingga Irfan Setiaputra, Mantan Dirut PT INTI sekaligus CEO Sigfox Indonesia.

Irfan sendiri menjadi kandidat Dirut Garuda paling kuat dan paling santer dibicarakan dengan segudang pengalaman di berbagai perusahaan.

Saat Liputan6.com mencoba mengkonfirmasi baik melalui pesan singkat maupun telepon, Irfan masih bungkam.

 

 © Dream



Terbaru, muncul kabar yang beredar bahwa Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf bakal jadi Komisaris Utama (Komut) Garuda Indonesia. Sedangkan untuk Wakil Komut, beredar kabar akan diisi oleh Chairal Tanjung.

Namun tak jauh berbeda dengan Irfan, ketika Liputan6.com mencoba menghubungi Arya Sinulingga selaku pihak pemegang saham mayoritas Garuda, dirinya belum memberikan respons.

Menteri BUMN Erick Thohir sendiri menyatakan sudah mengantongi nama-nama calon Dirut dan Komut Garuda beberapa minggu lalu.

" Sudah ada. Insyaallah hari ini direksinya sudah ada, jajaran komisaris masih minggu depan," kata Erick, Jumat 10 Januari 2020.


4 dari 5 halaman

Banyak Pejabat Berminat `Duduk` di Garuda

Sementara Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengakui banyak pejabat yang tertarik dengan posisi tersebut sehingga menjadi rebutan.

" Namanya Garuda Indonesia kan menarik, jadi banyak yang masuk," kata Arya di Jakarta belum lama ini.

Arya juga kekeuh enggan membeberkan jumlah dan nama para kandidat. Dia meminta semua pihak untuk sabar menunggu hingga besok.

" Kami tidak mungkin melangkahi keputusan RUPS, tunggu tanggal 22 saja," kata Arya mengakhiri.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

5 dari 5 halaman

Erick Thohir Sudah Kantongi Nama Direksi Baru Garuda

Dream - RUPSLB PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) akan digelar pada 22 Januari 2020. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah mengantongi nama-nama direksi baru maskapai pelat merah ini.

“ Sudah ada. Insyaallah hari ini direksinya sudah ada. Jajaran komisaris masih minggu depan,” kata Erick Thohir, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 10 Januari 2020.

Saat ditanya lebih spesifik tentang nama-nama direksi itu, Erick enggan menjawab. Menurut dia, Garuda adalah perusahan terbuka makanya harus melewati proses cukup panjang. Dia juga ingin memastikan orang yang mengisi posisi direksu Garuda sesuai dengan kebutuhan.

“ Nanti saya ngomong, dibilang melanggar. Padahal, mohon maaf, kadang kita sebagai pemegang saham ingin pastikan figur yang diberikan adalah figur yang tepat,” kata dia.

 

 © Dream


Erick Thohir menghormati aturan pasar modal terkait keterbukaan informasi untuk menghindari konflik institusi.

" Saya tidak mau cari problem dengan institusi lain, yang ada nanti dibilang arogan. Padahal kita maunya transparan. Saya percaya mekanisme penilaian publik kadang lebih mantap daripada birokrasi kegendutan," kata dia.

Sementara, Garuda Indonesia akan mengadakan RUPSLB pada 22 Januari 2020. Meski belum jelas agenda RUPSLB tersebut, kemungkinan besar akan ada penetapan direksi definitif Garuda Indonesia nantinya.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'