Harta Rp1,6 T, Kepala Sekolah di Tangerang Tetap Sederhana, Rumah Dekat Kuburan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 14 September 2021 12:35
Harta Rp1,6 T, Kepala Sekolah di Tangerang Tetap Sederhana, Rumah Dekat Kuburan
Meski orang kaya, Nurhali memilih untuk tetap hidup sederhana.

Dream - Nurhali. Dialah kepala sekolah di Kota Tangerang, Banten, yang sedang menjadi sorotan karena total harta fantastis dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Harta Nurhali mencapai Rp1,6 triliun. Dengan jumlah itu, Nurhali tercatat menjadi pejabat terkaya ke tujuh di Indonesia, versi LHKPN.

Namun demikian, kekayaan rupanya tidak menjadikan Nurhali sombong dan berfoya-foya. Ia memilih untuk tetap hidup sederhana, seperti kebanyakan orang dan selalu rendah hati.

1 dari 8 halaman

Sebentar Lagi Pensiun

Ilustrasi© Merdeka.com

Kepala Sekolah SMKN 5 Kota Tangerang tersebut udah menjabat sebagai kepala sekolah sejak tahun 2010. Kini dia menghadapi masa pensiun.

" Jadi kepala sekolah dari tahun 2010. Dulu di SMK 7," kata Nurhali.

Menurut Nurhali, masa pensiunnya akan dimulai pada tahun 2023. " Maret atau April saya sudah pensiun," ujar Nurhali.

2 dari 8 halaman

Hidup Sederhana dan Rendah Hati

Ilustrasi© Merdeka.com

Nurhali mengaku biasa-biasa saja meski berdasarkan LHKPN masuk dalam deretan pejabat negara dengan harta terbanyak. Dia tetap rendah hati dan tidak merasa menjadi orang kaya.

" Saya tidak merasa (kaya) kok, tidak merasa. Ya itu mah biar saja, namanya media kan. Saya tidak merasa," ujarnya.

" Keadaan saya ya begini saja, keadaan saya begini saja. Cuma itu kan catatan di atas kertas kan. Saya tidak tahu kalau itu dirangking oleh KPK, dan kenyataannya seperti itu," imbuh Nurhali.

3 dari 8 halaman

Rumah Dekat Kuburan

Menurut Nurhali, kondisi keluarganya juga biasa-biasa saja. Tidak semewah yang dibayangkan orang lain. Kediaman yang ditempati sekarang pun rupanya dekat dengan pemakaman.

" Saya enggak merasa (Kepsek terkaya) kok, kalau kata orang beda saja," paparnya.

" Saya tidak merasa, saya tidak merasa seperti itu ya diabaikan. Biasa-biasa saja kok, rumah saya dekat kuburan. Biasa saja," tutupnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2019 lalu Nurhali memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK dengan total harta kekayaan Rp. 1.602.036.800.000.

4 dari 8 halaman

Harta Rp1,6 Triliun Kepala Sekolah di Tangerang Rupanya Milik Istri

Dream - Kepala Sekolah di SMKN Kota Tangerang sedang hangat diperbincangkan publik. Pria paruh baya bernama Nurhali tercatat ke dalam pejabat terkaya versi laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Jumlah harat kekayaan Nurhali sangatlah fantastis mencapai angka lebih dari Rp1,6 Triliun. Harta tersebut menempatkan Nurhali serbagai orang ketujuh dalam daftar pejabat terkaya di Indonesia.

Angka kekayaan yang fantastis tentu mengundang pertanyaan besar dari mana asalnya. Penasaran? Ini dia asal-usul harta kekayaan Nurhali dihimpun dari Merdeka.com.

5 dari 8 halaman

Harta Sang Istri

Ilustrasi© Merdeka.com

Sejak namanya menjadi perbincangan banyak orang, Nurhali kepala sekolah SMKN 5 Kota Tangerang ini menjelaskan perihal harta kekayaannya. Ternyata jumlah harta kekayaan yang fantastis tersebut merupakan gabungan antara miliknya dengan sang istri. 

" Itu (Rp1,6 T) harta yang tidak bergerak berupa tanah bagian dari istri saya. Bukan punya saya, punya istri saya," ucap Nurhali.

" Keberadaannya di mana itu Pak?" tanya pria yang merekam.

" Di Jakarta. Kan harus dilaporkan punya istri juga, dilaporkan semua," jawabnya.

6 dari 8 halaman

Harta Warisan dari Tahun 1970-an

Lebih lanjut, Nurhali menjelaskan asal-usul harta yang dimiliki oleh sang istri. Rupanya harta itu merupakan warisan dari orang tua sang istri.

" Istri dari orang tuanya," katanya.

" Tahun berapa itu Pak dapatnya?"

" Sudah lama sih, sudah lama. Dari tahun 70an sudah ada," jawabnya lagi.

7 dari 8 halaman

Orang Tua Sudah Meninggal

Orang tua sang istri pun dulunya adalah seorang pedagang sukses. Akan tetapi kini kedua orang tua sang istri sudah dipanggil oleh Sang Maha Kuasa.

" (Orang tua istri) dulu pedagang. Sekarang sudah meninggal," ungkapnya.

" Kemudian orang tuanya sudah meninggal, mertua saya sudah meninggal. Laki-laki dan perempuan sudah meninggal semua," tambahnya.

8 dari 8 halaman

LHKPN Tahun 2019

Nurhali juga memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK pada tahun 2019 lalu, dengan total harta kekayaan Rp. 1.602.036.800.000.

Ilustrasi© KPK

Beri Komentar