Cuma Bertugas Jaga Anak, TKW Digaji Majikan Sultan Rp10,5 Juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 29 Juni 2021 10:33
Cuma Bertugas Jaga Anak, TKW Digaji Majikan Sultan Rp10,5 Juta
Gaji itu belum termasuk berbagai fasilitas mewah dan bonus-bonus yang diterima dari majikan tajirnya itu.

Dream – Tak sedikit orang Indonesia yang memutuskan bekerja di luar negeri karena kebutuhan tenaga kerja yang sangat besar. Salah satunya pekerjaan yang banyak dicari warga Hong Kong adalah sebagai pekerja domestik.

Pilihan itu juga yang diambil seorang (Tenaga Kerja Wanita/TKW) Markhatin Solikha. Dikutip dari Merdeka.com, Senin 28 Juni 2021, Markhatin berbagi pengalamannya menjadi seorang TKW di Hong Kong.

Pemilik channel Youtube Mboke Memey telah bekerja di Hong Kong selama tujuh tahun lebih. Dia juga mendapatkan majikan yang baik.

Markhatin semakin beruntung karena majikannya dianggap sebagai sultan alias orang kaya oleh masyarakat sekitar. Markhatin pun membongkar gaji dan fasilitas yang diterima selama bekerja di sana.

Markhatin mengatakan, saat ini, dia mengasuh anak orang kaya. Sang majikan ini dinilai orang yang berduit, namun low profile.

“ Sikap, sifat dan macam-macam juga low profile teman-teman. Dia juga enggak pelit,” kata dia dari akun Youtube-nya.

1 dari 2 halaman

Gaji Pokoknya Saja Jauh dari UMR

Markhatin mengaku bekerja di majikan SUltan itu tanpa mengikuti gaji pemerintah. Dari sang majikan, gaji pokoknya senilai 4.510 dolar Hong Kong alias Rp8 juta. Itu pun belum bersih alias masih menerima tunjangan lain.

“ Jadi, itu saya punya gaji sendiri alias majikanku itu sudah tidak mengikuti gaji kontrak kerja. Melainkan mereka selalu memberikan tambahan gaji,” kata dia.

Lalu, berapa gajinya? Gaji menjaga anak sultan ini sekitar 5.300 dolar Hong Kong atau Rp9,5 jutaan. Lagi-lagi uang itu masih belum termasuk lemburan.

“ Biasanya saya pribadi satu bulan bisa tiga kali (minggu). Setiap lembur Mboke punya tambahan HK$176. Biasanya Mboke menerima gaji sebesar 5.800 dolar Hong Kong, terkadang sampai 6 ribu dolar Hong Kong. Total gajinya menjaga si bocil setiap bulannya Rp10,5 juta,” kata dia di video yang diunggah pada 2019.

2 dari 2 halaman

Fasilitas yang Didapat

Fasilitas yang didapat pun tak kalah menarik. Saat majikannya jalan-jalan ke luar negeri, Markhatin sering diajak. Kemudian, ada juga fasilitas kamar ber-AC karena dia tidur bersama anak yang dijaganya.

Makan dan minumnya pun sangat cukup atau lebih dari cukup. Ada juga fasilitas Wi-Fi dan smartphone dari majikannya.

“ Mboke selalu dikasih HP, teman-teman,” kata dia.

Ada juga bonus tahunan yang diterima oleh Markhatin. Insentif ini biasanya didapatkan setiap awal tahun atau setiap bulan Januari.

“ Bonus yaitu (uang) 1 bulan gaji, jadi bulan 1 (Januari) itu gajinya double,” kata dia.

Beri Komentar