Jalan Tol di Malaysia Gratis Selama Lebaran, Indonesia?

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 25 Juli 2014 06:00
Jalan Tol di Malaysia Gratis Selama Lebaran, Indonesia?
Bahkan ada operator jalan tol yang menggratiskan tarif tol di beberapa ruasnya agar bisa membantu warga merayakan Lebaran.

Dream - Hari Raya Idul Fitri merupakan kesempatan para muslim saling bersilaturahmi ke rumah sanak famili. Mobilitas tinggi terjadi saat libur lebaran. Pemerintan Malaysia mengambil kesempatan tersebut untuk membantu warganya dengan memberikan diskon tarif jalan tol.

Seperti yang dikutip dari The Star, Jumat, 25 Juli 2014, Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Datuk Fadillah Yusof mengatakan, sebanyak 23 perusahaan pengelola jalan tol telah sepakat memberikan insentif kepada pengguna jalan tol dalam bentuk tol gratis atau diskon tarif tol.

Ketentuan insentif ini tergantung pada kebijakan masing-masing pengelola. Rata-rata diskon diberikan pada 27 dan 28 Juli dan nilai diskon tarif bervariasi, mulai 10-30 persen untuk kendaraan kategori 1, termasuk mobil dan bus.

Ada lima ruas tol yang memberikan pengembalian sebesar 30% untuk Electronic Toll Collection (pembayaran elektronik) pada 23-24 Juli dan 30-31 Juli. Fasilitas ini bisa ditukar pada September-November tahun ini.

Sementara, beberapa ruas tol ada yang diberlakukan tarif flat, antara 20-30 sen Malaysia (setara Rp 700-2.000). Paling dahsyat adalah ruas jalan Maju Expressway (MEX) yang menghubungkan Kuala Lumpur ke Sepang, Selangor, gratis hanya pada 28 Juli.

Nasib berbeda justru dialami penduduk Indonesia. Sampai saat ini belum ada informasi mengenai pemberian diskon tarif tol seperti yang dilakukan pemerintah Malaysia.

Sebaliknya, pengelola jalan tol di Tanah Air justru mengenakan tarif pada beberapa ruas yang baru diresmikan. Tarif Tol JORR West 2 ruas Ciledug-Ulujami yang baru diresmikan pada 22 Juli lalu sudah dipatok yang tarifnya dipatok PT Jasa Marga sebesar Rp 16 ribu dari pintu masuk Bintaro hingga Veteran. Apalagi tol ini diresmikan pada 22 Juli 2014 lalu, menjelang lebaran.

Untuk tol ini, pertama, pengguna jalan tol untuk kendaraan golongan I dari arah Serpong yang melalui JORR, transaksi pembayaran dilakukan di gerbang Tol Pondok Ranji Utama. Pengguna jalan tol itu dikenakan tarif Tol JORR sebesar Rp 8.500, selain tentunya akan membayar ruas Serpong-Pondok Ranji Rp 5.000 dan Pondok Ranji-Ulujami Rp 2.500 sehingga total menjadi Rp 16.000.

Kedua, pengguna jalan tol untuk kendaraan golongan I dari arah Bintaro yang akan melalui JORR, transaksi dilakukan di gerbang Tol Pondok Ranji Sayap. Pengguna dikenakan tarif Tol JORR Rp 8.500, selain tentunya harus membayar tarif Pondok Ranji-Ulujami sebesar Rp 2.500 sehingga total menjadi Rp 11.000.

Beri Komentar