Benarkah Uang Bukan Sumber Kebahagiaan?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 9 April 2019 09:44
Benarkah Uang Bukan Sumber Kebahagiaan?
Bahkan, kebahagiaan yang didatangkan bisa awet.

Dream – Kita sering mendengar nasihat bijak bahwa uang tak bisa memberikan kebahagiaan. Konon, barang-barang duniawi hanya memberikan kesenangan dan kenikmatan yang fana.

Benarkah demikian? Mungkin tak selalu demikian. Jika kamu menggunakan uang dengan benar, benda yang satu ini bisa mendatangkan kebahagiaan bagimu, kebahagiaan yang fana. Bisa jadi kebahagiaan itu akan berlangsung lama.

Dikutip dari Lifehack, Selasa 9 April 2019, uang memiliki kekuatan untuk membantumu mencapai tujuan yang bisa membawa lebih banyak makna dalam hidup. Coba dan alihkan pola pikir materialistis ke sikap “ menemukan makna hidup dari uang”. Dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari godaan pembelian impulsif.

Salah satu cara menemukan makna kehidupan dari uang adalah membuat kebahagiaan dari benda ini.

1 dari 2 halaman

Sedekahkan dan Memenuhi Kebutuhan Hidup

1. Sumbangkan ke Orang Lain

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan dengan uang adalah menyumbangkan ke orang-orang, misalnya menraktir teman yang bokek untuk makan siang. Secara fisik, uangmu akan berkurang. Tapi, kamu akan membangun kebahagiaanmu. Kamu bisa membantu temanmu yang sedang kesusahan uang.

Lagipula, berbagi kepada sesama tidaklah serta-merta membuatmu miskin. Malah, sedekah justru membuatmu lebih kaya. Selain rezekimu bisa bertambah, kamu bisa menjadi lebih bahagia dan bersyukur terhadap berkah yang diberikan kepadamu.

Kamu bisa melihat keajaiban sedekah di sini.

 

2. Memenuhi Kebutuhan Hidup

Ada perbedaan antara membeli stik daging dan sekaleng kacang. Ini sama saja dengan membeli mobil antara Ferrari dengan Honda Civic. Pembelian barang mewah mungkin bisa menambah kebahagiaan.

Tapi, ada yang perlu diingat, kualitas hidup dan kesejahteraan bisa sedikit berfluktuasi ketika membeli barang-barang wah.

Daripada membeli barang-barang mewah, lebih baik kamu fokus terhadap pemenuhan kebutuhan dasarmu sendiri, seperti rumah. Banyak orang tak punya kesempatan untuk memiliki rumah dan mereka berjuang untuk memilikinya.

Jika kamu punya uang, lebih baik gunakan untuk membeli hunian. Setelah membeli hunian, seperti rumah, kamu tak perlu pusing lagi untuk memikirkan tempat tinggal.

Kalau mampu mengurus kebutuhan dasar, kamu bisa menumbuhkan kepercayaan diri dan harga dirimu. Tak ada orang yang suka merasa tak bisa mengurus diri sendiri.

2 dari 2 halaman

Cegah Utang dan Bisa Buat Sesuatu yang Bermakna

3. Hindarkan Diri dari Jeratan Utang

Salah satu masalah keuangan yang paling sering dialami orang adalah terjerat utang. Kartu kredit, tagihan mobil, biaya rumah sakit, serta biaya tak terduga bisa membuatmu terjerumus ke dalam utang.

Sekali kamu masuk ke dalam utang, bunga akan terus bertambah dan meninggalkanmu ke dalam lingkaran setan yang sulit dihentikan.

Penggunaan uang secara bijak bisa menghindarkanmu dari utang dan membuat masa depan bersinar lebih cerah. Buatlah hari-harimu bebas dari utang. Kamu bisa memiliki pemikiran untuk tidak berutang kepada siapa pun dan bisa mengontrol keuangan pribadi.

4. Lakukan Sesuatu yang Berarti

Kamu bisa menggunakan uangmu untuk membawa sesuatu yang berarti dalam hidup. Misalnya, kamu bisa menggunakan uangmu untuk membayar biaya kuliah anakmu.

Atau, kamu bisa membentuk lembaga nirlaba dengan uang yang dimiliki.

Kamu juga bisa menggunakan uang untuk membuat bisnis atau ulang tahun pernikahan secara spesial.

Semoga bermanfaat, Sahabat Dream.

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival