Jokowi Bakal Gelar Upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara

Reporter : Editor Dream.co.id
Rabu, 19 Oktober 2022 08:44
Jokowi Bakal Gelar Upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara
"Dengan upaya kita bersama, semangat upaya gotong royong, 17 Agustus 2024 kita bisa merayakan bersama-sama di Nusantara," kata Jokowi.

Dream - Jokowi menargetkan dua tahun lagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah bisa dihuni. Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu bahkan berencana menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Indonesia di Istana Negara yang baru.

" Dengan upaya kita bersama, semangat upaya gotong royong, 17 Agustus 2024 kita bisa merayakan bersama-sama di Nusantara," kata Jokowi di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa malam 18 Oktober 2022.

Kepindahan IKN Nusantara, tambah Jokowi, bukan sekadar memindah istana negara maupun gedung kementerian secara fisik, melainkan membangun budaya kerja dan pola pikir yang baru dalam berbagai aspek.

" Bukan fisik yang kita pindahkan, tetapi yang kita ingin bangun adalah budaya kerja baru mindset baru, dan IKN mindset ekonomi baru," tuturnya.

1 dari 4 halaman

Sebagai negara besar, kata dia, Indonesia harus berani melangkah dan punya agenda besar demi kemajuan negara. Indonesia akan sulit maju jika tidak berani transformasi dari sekarang.

Jokowi meminta investor tidak perlu ragu menanamkan modalnya di IKN Nusantara. Menurut dia, mega proyek ini telah memiliki payung hukum yang sah melalui UU Nomor 3 tahun 2022 tentang IKN Nusantara yang telah disetujui mayoritas fraksi di DPR.

" Bapak Ibu juga harus tau, ini telah disetujui 93 persen dari fraksi di DPR loh. Kurang apa lagi? Kalau masih ada yang belum yakin jadi kurang apa lagi? Tidak perlu lagi untuk dipertanyakan," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, IKN Nusantara akan menjadi kota pintar masa depan yang berbasis hutan dan alam pertama di dunia.

" Tolong dicarikan karena belum ada, ini yang membedakan," kata mantan Walikota Solo tersebut. (Liputan6.com)

2 dari 4 halaman

Pemerintah Tawarkan HGB hingga 160 Tahun di IKN Nusantara

Dream - Pemerintah menawarkan insentif perizinan hak guna bangunan (HGB) kepada para investor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Untuk memberi kemudahan bagi investor, pemerintah memberikan izin HGB selama 80 tahun.

" Memang untuk rencananya kita akan berikan satu perizinan bagi investor di sana selama 80 tahun," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, dikutip dari merdeka.com, Senin 10 Oktober 2022.

Menurut Hadi Tjahjanto, HGB selama 80 itu dibagi tiga tahap. Tahap pertama 30 tahun, ke dua 30 tahun, dan ke tiga 20 tahun. Total jangka waktu izin HGB 80 tahun.

3 dari 4 halaman

Izinan HGB 80 tahun tersebut bahkan bisa diperpanjang lagi hingga 80 tahun kemudian bila penggunaannya dirasa sangat bermanfaat untuk masyarakat.

" Karena HGB 80 tahun itu, apabila masih dimanfaatkan dengan baik dan untuk kepentingan masyarakat, kita masih bisa perpanjang lagi sampai 80 tahun lagi, sehingga 160. Namun kita izinkan nanti selama 80 tahun itu yang akan kita berikan kemudahan," kata Hadi.

Kementerian ATR/BPN sejauh ini sudah menyelesaikan empat perencanaan wilayah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di IKN yang akan diserahkan pada Otorita IKN untuk segera disahkan. Sedangkan lima wilayah sedang dalam proses RDTR yang ditargetkan selesai pada akhir 2022.

4 dari 4 halaman

Menurut Hadi, kementeriananya akan memberikan kemudahan terkait pertanahan, tata ruang, dan perizinan usaha di wilayah IKN yang selanjutnya akan diserahkan pada Otorita IKN.

" Semuanya akan kita laksanakan, dan akan kita serahkan pada Kepala Badan Otorita IKN, termasuk rdtr, tata ruang, masalah pertanahan, nanti juga akan kami bantu, dan akan kami serahkan pada Kepala Otorita IKN," kata Hadi.

Beri Komentar