Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik di Batang

Reporter : Nabila Hanum
Rabu, 8 Juni 2022 13:59
Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik di Batang
iIvestasi senilai Rp142 triliun ini merupakan investasi pertama di dunia yang memproduksi kendaraan listrik dari hulu sampai hilir.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Rabu 8 Juni 2022.

Presiden menyebut bahwa proyek senilai Rp142 triliun ini merupakan investasi pertama di dunia yang memproduksi kendaraan listrik dari hulu sampai hilir.

“ Dimulai dengan penambangan nikel, smelter, pabrik prekursor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, battery pack, hingga mobil listrik, masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. Dari hulu sampai hilir, end to end semuanya kerjakan dalam investasi ini,” ujar Jokowi dalam pernyataan resminya, Rabu 8 Juni 2022.

1 dari 1 halaman

Nantinya proses pertambangan, peleburan smelter untuk nikel akan berlokasi di Halmahera, Maluku Utara. Industri refinery pemurnian, industri prekursor, industri katodanya ada di Jawa Tengah, di Kawasan Industri di Batang.

" Sedangkan pabrik baterainya sedang dibangun di Karawang, dan pabrik mobil listriknya ada di Cikarang," tutur presiden.

Jokowi mengaku senang karena investasi tersebut dilakukan tersebar di beberapa kawasan di Indonesia, tidak hanya di Pulau Jawa. Proyek ini juga diharapkan mampu menyerab tenang kerja hingga 20 ribu orang.

" Sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, Indonesia bisa menjadi produsen utama produk-produk yang berbasis nikel," ujar Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi meminta pemerintah pusat dan daerah untuk terus memberi dukungan pernuh terhadap realisasi proyek tersebut.

" Selain dapat membuka lapangan pekerjaan yang besar, investasi tersebut dapat memberikan tambahan pendapatan negara dan meningkatkan perekonomian," katanya.

Beri Komentar