Kantor Pemerintah Wajib Miliki Tempat Penitipan Anak

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 5 Desember 2014 12:47
Kantor Pemerintah Wajib Miliki Tempat Penitipan Anak
Tempat penitipan anak wajib disediakan di kantor-kantor pemerintah yang berkaitan dengan pelayanan publik

Dream - Usai mengeluarkan imbauan hidup sederhan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengeluarkan kebijakan baru.

Kali ini, Kementerian PANRB mewajibkan seluruh unit pelayanan publik di pusat dan daerah untuk menyediakan tempat penitipan dan tempat bermain anak-anak.

" Jadi ibu-ibu yang bekerja tidak kehilangan waktu untuk mengurus anak," kata Menter PAN-RB, Yuddi Chrisnandi seperti dikutip dari laman menpan.go.id, Jumat, 5 Desember 2014.

Yuddi berpesan agar tempat penitipan anak yang dibangun juga harus menyediakan ruang untuk mehyusuai.

Menurut Yuddi, pelayanan publik merupakan bentuk kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat. Tak hanya orang dewasa, negara juga harus hadir bagi anak-anak.

Tidak jarang ibu-ibu yang mengurus surat-surat ke unit pelayanan publik mengajak serta anak-anaknya, bahkan bayi yang masih kecil.

Diakui Yuddi, memang sudah banyak pelayanan publik yang sebenarnya berjalan cukup bagus. Namun jumlahnya dianggap belum mencukupi karena masyarakat akan terus menuntut pelayanan semakin bagus dan memuaskan.

“ Pelayanan publik harus ramah, professional, dan berintegritas. Instansi pemerintah juga wajib memberikan waktu lebih banyak untuk anak-anak,” ujarnya.

Pada bagian lain, Kementerian PANRB memastikan institusinya kini tengah menyiapkan perangkat hukum pemotongan jam kerja bagi PNS perempuan. Kebijakan ini dibuat agar kaum ibu bisa memberikan perhatian lebih kepada anak-anak. (Ism)

Beri Komentar