Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Daftar Kecelakaan Pesawat Lion Air di Indonesia Tahun 2002-2018

Daftar Kecelakaan Pesawat Lion Air di Indonesia Tahun 2002-2018 Ilustrasi Pesawat Lion Air (foto: Shutterstock)

Dream - Kecelakaan pesawat kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, kecelakaan pesawat melibatkan pesawat komersial milik Lion Air dengan nomor penerbangan JT610.

Pesawat Lion Air JT610 mengalami kecelakaan setelah jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada Senin pagi, 29 Oktober 2018. Pesawat Lion Air dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang itu berjenis Boeing 737 Max 8.

Menurut pihak Lion Air, Boeing 737 Max 8 termasuk pesawat komersial jenis terbaru. Penggunaan pesawat ini diumumkan Lion Air pada Juli 2017.

Kepala Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyebut, pesawat Lion Air JT610 itu tergolong baru. Pesawat itu baru digunakan Lion pada Agustus 2018.

"Jam terbangnya baru 800 jam," ujar Soerjanto.

Lion Air mengklaim pesawat Boeing 737 Max 8 bisa terbang lebih lama tanpa mengisi bahan bakar dengan jangkauan terbang mencapai 7 jam 30 menit.

Kecelakaan pesawat di Indonesia memang kerap terjadi. Terutama kecelakaan pesawat komersial yang selalu mengangkut penumpang dalam jumlah besar.

Jumlah penumpang yang jadi korban kecelakaan pesawat di Indonesia memang tidak sedikit. Untuk kasus kecelakaan pesawat di Indonesia yang melibatkan Lion Air JT610 saja, berpenumpang dan awak 189 orang.

Pesawat Lion Air JT610 hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lion Air Group membenarkan kabar ini

"Benar kami kehilangan kontak sejak terbang jam 6.00 WIB dari Cengkareng," kata Direktur Umum Lion Air Grup, Edward Sirait, saat dihubungi Liputan6.com, Senin 29 Oktober 2018.

Sebenarnya bukan kali ini saja kecelakaan pesawat menimpa maskapai Lion Air. Perusahaan penerbangan murah (Low Cost Airline) yang didirikan pada 15 November 1999 di Jakarta itu pernah mengalami beberapa kecelakaan pesawat sejak tahun 2002.

Kecelakaan pesawat sebenarnya sesuatu yang lumrah terjadi di dunia penerbangan. Tetapi, jika mengikuti prosedur dan peraturan soal keamanan, baik personel dan pesawat itu sendiri, maka kecelakaan pesawat bisa dihindari.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut informasi tentang berbagai insiden atau kecelakaan pesawat Lion Air di Indonesia sejak tahun 2002-2018.

Insiden atau kecelakaan pesawat Lion Air di Indonesia sejak tahun 2002-2018 itu memiliki berbagai dampak serius bagi maskapai tersebut.

Setelah terjadi kecelakaan pesawat fatal yang dialami Air Asia dengan nomor penerbangan 8501 pada 9 Januari 2015, Kementerian Perhubungan mencabut 53 rute yang dioperasikan oleh Lion Air dan anak perusahaannya.

Kemenhub mencabut rute penerbangan yang dioperasikan Lion Air karena mereka memiliki izin untuk melakukan penerbangan.

Kecelakaan pesawat Lion Air di Indonesia sejak 2002-2018

14 Januari 2002

Pesawat Lion Air Penerbangan 386, jatuh setelah mencoba lepas landas dengan konfigurasi flap (sayap) yang salah di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II. Semua penumpang dan awak kabin pesawat selamat. Tetapi pesawat jenis Boeing 737-200 itu tidak pernah dipakai lagi.

30 November 2004

Pesawat Lion Air Penerbangan 538, jatuh di Surakarta. Pesawat berjenis McDonnell Douglas MD-82 jatuh hingga mengakibatkan 25 orang meninggal.

4 Maret 2006

Pesawat Lion Air Penerbangan 8987, tergelincir setelah mendarat di Bandara Internasional Juanda. Pesawat jenis McDonnell Douglas MD-82 itu mengalami masalah pada fungsi pembalik daya dorong kiri.

Akibatnya pesawat membelok ke kanan dan tergelincir hingga sejauh 2.100 meter dari ujung landasan pacu. Tidak ada korban jiwa, tetapi pesawat itu rusak parah dan tidak dioperasikan lagi.

24 Desember 2006

Pesawat Lion Air Penerbangan 792, mendarat dengan konfigurasi flap yang salah dan tidak selaras dengan landasan pacu.

Akibatnya, pesawat jenis Boeing 737-400 itu mendarat dengan keras dan tergelincir di sepanjang landasan pacu menyebabkan roda pendaratan utama sebelah kanan terlepas, roda kiri menembus bagian sayap dan beberapa bagian badan pesawat tertekuk. Tidak ada korban jiwa, tetapi pesawat itu tidak dioperasikan lagi.

23 Februari 2009

Pesawat Lion Air Penerbangan 972 berjenis McDonnell Douglas MD-82 mendarat tanpa nose gear di Hang Nadim International Airport, Batam.

 

Insiden pesawat Lion Air di Indonesia

9 Maret 2009

Pesawat Lion Air Penerbangan 793, tergelincir dari landasan pacu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tidak ada korban dalam peristiwa ini.

2 November 2010

Pesawat Lion Air Penerbangan 712, berjenis Boeing 737-400 tergelincir di landasan ketika mendarat di Bandara Supadio, Pontianak. Semua 174 penumpang dan awak dievakuasi oleh slide darurat, dengan beberapa mengalami cedera.

13 April 2013

Pesawat Lion Air Penerbangan 904 berjenis Boeing 737-800, rute Bandung-Denpasar dengan 108 orang di dalamnya, jatuh di perairan di dekat Denpasar, Bali ketika mencoba mendarat.

Pesawat pecah menjadi dua bagian. Kemenhub mengatakan pesawat jatuh karena menggunakan landasan pacu pendek. Semua penumpang dan awak dievakuasi dari pesawat dan tidak ada korban jiwa.

6 Agustus 2013

Pesawat Lion Air Penerbangan 892, Boeing 737-800, rute Makassar-Gorontalo dengan 117 penumpang dan awak kabin di dalamnya, menabrak sapi saat mendarat di Bandara Jalaluddin dan terpaksa keluar dari landasan pacu. Tidak ada yang cedera dalam insiden ini.

1 Februari 2014

Pesawat Lion Air Penerbangan 361, yang terbang dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan ke Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali melalui Bandara Internasional Juanda di Surabaya, dengan 222 penumpang dan awak kabin di dalamnya, mendarat dengan keras dan terpental empat kali di landasan pacu.

Pesawat berjenis Boeing 737-900ER mengalami patah pada bagian ekor dan kerusakan parah pada badan pesawat. Tidak ada korban jiwa, tetapi dua penumpang terluka parah dan tiga lainnya mengalami luka ringan. 

Kecelakaan Pesawat Terparah Lion Air di Indonesia

20 Februari 2016

Pesawat Lion Air Penerbangan 263 dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan ke Bandara Internasional Juanda di Surabaya tergelincir di landasan pacu saat mendarat. Tidak ada korban dalam insiden ini.

Menurut penyelidikan Komite Keselamatan Transportasi Nasional, kecelakaan dipicu oleh kegagalan dalam pengelolaan sumber daya kru kabin yang menyebabkan prosedur pendaratan yang tidak tepat. KNKT merekomendasikan agar maskapai penerbangan Indonesia itu meningkatkan pelatihan pilot.

2 April 2017

Sekitar 300 liter bahan bakar pesawat Lion Air tumpah di landasan pacu Bandara Internasional Juanda di Surabaya. Gambar yang diambil oleh penumpang menunjukkan bahan bakar mengalir keluar dari salah satu sayap pesawat.

Tak lama setelah itu, semua penumpang dievakuasi dan pesawat itu di-ground-kan untuk penyelidikan lebih lanjut. Tidak ada korban dilaporkan. Pada hari yang sama perwakilan dari Lion Air dipanggil oleh Kementerian Perhubungan Indonesia untuk mengklarifikasi insiden tersebut.

Pernyataan awal oleh perwakilan Lion Air mengatakan bahwa kebocoran itu disebabkan oleh tidak berfungsinya katup pengaman dan detektor luapan bahan bakar.

29 April 2018

Pesawat Lion Air Penerbangan 892 berjenis Boeing 737-800 tergelincir di landasan pacu Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo setelah mendarat di bawah kondisi hujan deras.

Dilaporkan seluruh penumpang dievakuasi dari badan pesawat dalam kondisi cuaca yang masih hujan deras. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

29 Oktober 2018

Pesawat Lion Air Penerbangan 610 berjenis Boeing 737 MAX 8, jatuh di Laut Jawa 13 menit setelah tinggal landas dari Jakarta, dengan semua 189 penumpang dan awak pesawat hilang, diduga tewas. (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lion Air Ungkap Penyebab Pesawat Jemaah Umroh Berputar-Putar di Langit Binjai

Lion Air Ungkap Penyebab Pesawat Jemaah Umroh Berputar-Putar di Langit Binjai

Ini alasan pesawat Lion Air bawa jemaah umroh berputar di langit Binjai, Sumatera Utara.

Baca Selengkapnya
Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Mushola di Dalam Pesawat, Bisa Sholat di Atas Ketinggian 30 Ribu Kaki

Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Mushola di Dalam Pesawat, Bisa Sholat di Atas Ketinggian 30 Ribu Kaki

Penampakan musala dalam pesawat, tampak nyaman dan cukup luas.

Baca Selengkapnya
Ada Keajaiban! Begini Kronologi 367 Penumpang Japan Airlines Selamat Padahal Pesawatnya Habis Terbakar

Ada Keajaiban! Begini Kronologi 367 Penumpang Japan Airlines Selamat Padahal Pesawatnya Habis Terbakar

Penjelasan bagaimana seluruh penumpang bisa selamat dari kebakaran kecelakaan pesawat Japaan Airlines.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Bawa 153 Penumpang, Pesawat Sempat Keluar Jalur di Ketinggian 36 Ribu Kaki

Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Bawa 153 Penumpang, Pesawat Sempat Keluar Jalur di Ketinggian 36 Ribu Kaki

Insiden tersebut menyebabkan pesawat registrasi PK-LUV tersebut sempat keluar jalur penerbangan dan tak merespons pusat pengendali wilayah

Baca Selengkapnya
Mendagri Tito Karnavian Minta Maskapai Jual Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Mendagri Tito Karnavian Minta Maskapai Jual Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Tito meminta Menhub Budi Karya Sumadi mengumpulkan para maskapai agar mengatur harga tiket pesawat tidak terlalu mahal.

Baca Selengkapnya
Japan Airlines Ternyata Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik di Dunia, Ini Sederet Prestasinya

Japan Airlines Ternyata Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik di Dunia, Ini Sederet Prestasinya

Japan Airlines masuk sebagai 10 maskapai terbaik di dunia versi Skytrax

Baca Selengkapnya