10 Tanda Kamu Alami Kelelahan Kerja dan 5 Cara Mengatasinya

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 6 Juni 2020 15:01
10 Tanda Kamu Alami Kelelahan Kerja dan 5 Cara Mengatasinya
Orang yang memiliki pekerjaan dengan tekanan waktu yang tinggi cenderung mengalami kelelahan kerja.

Dream – Pekerjaan apapun yang kamu lakukan tentu memiliki risikonya tersendiri. Kamu sebaiknya pintar mengelol waktu sehingga tubuhmya tidak sampai mengalami kelelahan kerja. Burnout atau kelelahan kerja adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi psikologis seseorang yang mengalami stress kronis karena pekerjaan.

Nah, saat seseorang mengalami kelelahan kerja, emosi akan menyertai, seperti mulai membenci dan merasa kurang mampu menyelesaikan pekerjaan. Akibat dari kelelahan kerja bisa menyebabkan berbagai gejala kesehatan mental dan fisik.

Melansir dari SehatQ, penyebab kelelahan kerja bisa datang karena tekanan waktu kerja. Orang yang memiliki pekerjaan dengan tekanan waktu yang tinggi cenderung mengalami kelelahan kerja. Selain itu juga bisa disebabkan karena pekerjaan terlalu banyak menghabiskan banyak waktu dan energi, sehingga waktu bersama keluarga pun akan berkurang.

Sebenarnya masih banyak faktor penyebab kelelahan kerja. Namun, kelelahan kerja dari faktor apapun ini bisa dikenali berbagai tanda-tandanya. Mari kita simak tanda-tanda kamu mengalami kelelahan kerja beserta cara mengatasinya.

1 dari 4 halaman

10 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Kerja

 Ilustrasi© Pexels

Jika kamu mengalami kelalahan kerja, maka pasti kamu akan mengalami beberapa tanda-tanda di bawah ini, baik secara emosional maupun fisik. Maka dari itu kamu perlu mengetahui tanda-tanda apa saja yang menunjukkan kamu mengalami kelelahan kerja. Cek di bawah ini:

  1. Merasa berat dan malas untuk pergi kerja.
  2. Waktu bekerja terasa sangat lama meskipun hanya 8 jam.
  3. Merasa tidak tertarik lagi pada pekerjaan, karena merasa jenuh dan kehilangan ketertarikan bahkan membencinya.
  4. Produktivitas menurun, hal ini mengakibatkan kerjaanmu di kantor menjadi lebih buruk.
  5. Lebih sering marah-marah, menjadi lebih emosional ketika mengalami kelelahan kerja.
  6. Kehilangan motivas dan konsentrasi ketika bekerja sehingga pekerjaan menjadi terbengkalai.
  7. Mengalami gangguan tidur, semakin sedikit waktu tidur atau malah lebih banyak tidur.
  8. Menderita sakit kepala dan masalah pencernaan karena merasa stress.
  9. Menggunakan makanan, alkohol atau obat penenang. Makanan yang berlebihan bisa menyebabkan obesitas, atau kecanduan obat-obatan dan alkohol bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
  10. Hipertensi, tekanan darah naik karena berbagai tekanan pekerjaan, detak jantung semakin berdetak lebih cepat sehingga terasa tidak nyaman.

Nah, jika kamu mengalami tanda-tanda di atas maka kamu perlu menyadari dan mulai memberikan perhatian yang lebih pada kesehatan diri. Jangan sampai kondisi ini memperburuk pekerjaan dan kesehatan kamu.

2 dari 4 halaman

Work from Home Dapat Memicu Kelelahan Kerja

 Ilustrasi© Pexels

Ternyata Work from Home tidak melulu menyenangkan ya, Sahabat Dream. WFH bisa juga memicu burnout. Hal ini disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

  • Sulit mengatur waktu saat WFH.
  • Banyaknya distraksi di rumah.
  • Pekerjaan rumah dan kantor campur menjadi satu.
  • Mengerjakan tugas kantor hingga larut malam.
  • Tidak ada waktu me time.

Itulah beberapa penyebab kelelahan kerja saat Work from Home di masa pandemi. Tentunya kelelahan kerja ini dipicu oleh semakin banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan ketika WFH. tercampurnya pekerjaan kantor dan rumah membuat tubuh dan pikiran semakin merasa kelelahan dan stress.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kelelahan Kerja

 Ilustrasi© Pexels

Perlu diketahui, kelelahan kerja ini hanyalah sementara. Kamu hanya membutuhkan waktu istirahat sejenak untuk mengembalikan energi dan menenangkan pikiran. Di bawah ini Dream akan membagikan beberapa cara mengatasi kelelahan kerja yang bisa kamu lakukan.

Diskusikan Dengan Atasan

Jika pekerjaan kamu terlalu berat, cobalah mengajak atasan kamu untuk berdiskusi. Kamu dan atasanmu mungkin bisa berkompromi untuk mencari solusi yang terbaik mengenai tugas, porsi, waktu dan sikap pekerjaan. Kamu juga dapat mengutarakan beberapa hal terkait kondisi yang menyebabkan kemu kelelahan kerja.

Minta Dukungan Orang Lain

Saat mengalami kelelahan kerja, kamu membutuhkan motivasi dan dukungan dari orang terdekatmu. Mintalah dukungan yang tulus dari keluargamu, temanmu, kekasihmu, dan rekan kerjamu, bahwa kamu bisa melewati masa sulit dalam pekerjaanmu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kelelahan Kerja Selanjutnya

 Ilustrasi© Pexels

Melakukan Relaksasi

Cara mengatasi kelelahan kerja selanjutnya adalah dnegan melakukan relaksasi seperti meditasi, yoga, atau tai chi yang dapat membuatmu tenang and stress teratasi. Beban yang ada di hati dan otak pun bisa berkurang dengan relaksasi semacam ini.

Selalu Rutin Berolahraga

Olahraga secara teratur dapat mengalihkan pikiran dari pekerjaan untuk beberapa waktu. Olahraga secara rutin dapat membantu mengatasi stress dengan lebih baik.

Atur Waktu Tidur

Cara mengatasi kelelahan kerja yang terakhir adalah dengan mengatur waktu tidur. Tidurlah dengan cukup, jangan sampai kurang ataupun berlebihan. Hal ini penting supaya kondisi fisik dan mental kamu bisa pulih. Untuk membuat nyenyak tidur, kamu bisa melakukan relaksasi mendengarkan music.

Itulah beberapa tanda dan cara mengatasi kelelahan kerja. Kelelahan kerja bisa berdampak buruk pada masa depanmu jika kamu tidak dapat mengatasinya dengan baik. Meski bukan perkara mudah, namun kamu perlu mencoba melewatinya untuk menjadi pribadi yang lebih Tangguh.

Beri Komentar