Ketika Milenial Makin 'Kecanduan' Uang Elektronik

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 1 Februari 2019 12:15
Ketika Milenial Makin 'Kecanduan' Uang Elektronik
Kenapa?

Dream - Pemerintah telah mencanangkan program transaksi non tunai (cashless) di berbagai sektor industri. Bidang hiburan menjadi yang unggul dalam hal ini.

Anvid Erdian, VP Business Development LOKET mengatakan, peningkatan ini tak lepas dari peran generasi milenial dengan kemajuan teknologi.

" Generasi milenial lebih mudah beradaptasi dengan inovasi di industri hiburan. Hal ini mendorong pola pembelian tiket online dan pembayaran cashless semakin populer ke depan," tuturnya di Jakarta, Kamis 31 Januari 2019.

Menurut Avid, karakteristik milenial yang menyukai nilai praktis dan efisien terpenuhi dengan transaksi yang dilakukan melalui ponsel. Penduduk berusia 20-35 tahun yang jumlahnya mencapai 63 juta menjadi konsumen terbesar di industri hiburan.

" Jumlah tersebut merupakan pasar terbesar bagi industri hiburan sampai beberapa tahun ke depan," kata Avid.

Sementara Ario Adimas, VP Marketing LOKET mengatakan laju pertumbuhan untuk setiap kategori hiburan terbukti positif.

" Tren ini sudah mulai terlihat di tahun lalu, di mana penjualan tiket di LOKET melonjak hingga lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan," tutur Dimas.

Penjualan tiket kategori konser dan festival musik meningkat 500 persen, penjualan tiket kategori MICE (Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran) meningkat 200 persen. Ditambah kategori olahraga yang meningkat 225 persen dan atraksi hiburan sebanyak 250 persen.

1 dari 1 halaman

Bagaimana dengan Industri Hiburan?

Industri hiburan di Indonesia terus menunjukkan tren pertumbuhan positif. Tren ini tidak lepas dari kemajuan teknologi dan gaya hidup generasi milenial.

Ario Adimas, VP Marketing LOKET menuturkan, generasi usia 20-35 tahun yang jumlahnya mencapai 63 juta menjadi konsumen terbanyak dari industri hiburan.

" Milenial sekarang berbeda karakternya dengan orang zaman dulu. Mereka punya cara sendiri untuk menikmati apa yang mereka lakukan dan tidak ragu mengeluarkan uang ke hal-hal yang berbau hiburan," paparnya di Jakarta, Kamis 31 Desember 2019.

 Transaksi Non Tunai

Berdasarkan data 2018, penjualan tiket konser musik naik 500 persen, disusul tiket olahraga 225 persen dan atraksi hiburan sebanyak 250 persen. Tak ketinggalan dengan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE ) yang naik 200 persen.

" Musik selalu jadi primadoma. Sampai tahun ini masih membawa revenue tertinggi. Artis lokal dan internasional lagi cinta-cintanya sama Indonesia. Ini menandakan bahwa musik pasti selalu jadi sorotan," ujar Dimas.

Di tahun ini, contohnya. Ed Sheeran dan John Mayer dipastikan manggung di Indonesia pada pertengahan 2019. Ditambah lagi dengan ajang musik tahunan seperti Djakarta Warehouse Festival (DWP) dan We The Fest.

Yang menarik, event besar bukanlah sumber utama pemasukan industri hiburan. Kesuksesan ini juga berasal dari event berskala kecil dan menengah. Hingga saat ini, sebanyak 5.000 event kecil terselenggara di bawah naungan LOKET.

" Bukan event raksasa, tapi justru event small dan medium. Banyak orang bikin kelas workshop keci-kecilan tapi peminatnya banyak. Bahkan sampai ada yang bikin agenda arisan lewat LOKET," katanya.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi