Jemaah Umroh Indonesia Ditolak Saat Mau Terbang ke Tanah Suci

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 27 Februari 2020 17:14
Jemaah Umroh Indonesia Ditolak Saat Mau Terbang ke Tanah Suci
Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dream - Sejumlah jemaah umroh asal Indonesia yang hendak menuju ke Arab Saudi tak bisa terbang ke Tanah Suci. Mereka tertahan karena Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan larangan kunjungan jemaah umroh luar negeri untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, Covid-19.

" Pemberlakuan larangan kunjungan jemaah Indonesia telah mulai efektif hari ini, 27 Februari 2020 dengan ditolaknya jemaah Indonesia saat check in penerbangan di beberapa penerbangan yang menuju Jeddah maupun Madinah," kata Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh Haji Indonesia (Sapuhi), Syam Resfiadi, dalam keterangan tertulis.

Dia meminta semua anggota travel umroh dan haji untuk melakukan penjadwalan ulang terhadap vendor-vendor, seperti visa, penerbangan, dan hotel untuk mengamankan hak jemaah umroh Indonesia. Syam juga meminta vendor membantu proses penjadwalan kembali dengan tidak menghanguskan deposit serta tanpa syarat.

Para anggota biro travel umroh juga diminta menjadwalkan ulang umroh para jemaah. " Sehingga seluruh hak jamaah bisa tetap ditunaikan sekalipun saat ini diberlakukan kebijakan larangan kunjungan ke Saudi," kata Syam.

1 dari 5 halaman

Minta Pemerintah Cari Solusi

Menurut Syam, pihaknya telah melayangkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan solusi dampak kebijakan Arab Saudi, terutama bagi para jemaah dan biro travel. Sapuhi juga meminta pemerintah, terutama Kementerian Agama, untuk memberikan solusi dan edukasi tentang kebijakan tersebut.

" (Agar) tercipta kondisi yang kondusif untuk industri umroh di Indonesia," kata dia.

Asosiasi ini juga berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta untuk membantu proses perpanjangan masa berlaku visa jemaah umroh yang suidah terbit tanpa syarat.

" Sapuhi mengimbau masyarakat, terutama jemaah yang sudah terdaftar di travel umroh untuk tetap tenang dan menunggu perkembangan kebijakan pemerintah Saudi Arabia hingga normal seperti biasanya," kata dia.

2 dari 5 halaman

Cegah Virus Corona, Saudi Larang Jemaah Umroh Luar Negeri Termasuk Indonesia

Dream - Arab Saudi melarang sementara pelaksanaan umroh dari luar negeri, termasuk Indonesia. Kebijakan tersebut diberlakukan mencegah penyebaran virus Corona di Saudi.

Menurut laman Arab News, larangan ini diumumkan Kamis pagi waktu setempat setelah otoritas kesehatan Kerajaan Saudi secara intensif mmantau perkembangan penyebaran virus dengan nama resmi Covid-19 itu.

Arus jemaah yang berkunjung ke Masjid Nabawi di Madinah, baik sebelum maupun setelah melaksanakan rangkaian umroh di Mekah, telah dihentikan. Pemegang visa kunjungan dari negara-negara yang berisiko tinggi terjangkit ditolak masuk Saudi.

Selain itu, warga Saudi maupun warga negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk tidak dapat menggunakan kartu identitas nasionalnya untuk bepergian dari dan menuju wilayah Kerajaan untuk sementara waktu.

Pengecualian diberikan kepada warga Saudi yang ingin pulang atau warga negara-negara Teluk yang berada di Saudi berniat kembali negaranya. Syaratnya, mereka menggunakan identitas nasionalnya.

3 dari 5 halaman

Pemeriksaan Intensif di Tiap Titik Masuk

Otoritas kesehatan di titik-titik masuk akan memverifikasi dari negara mana tiap pengunjung datang sebelum masuk wilayah Saudi. Selain itu juga menerapkan seluruh tindakan pencegahan.

Pejabat Saudi menekankan pembatasan ini bersifat sementara dan akan terus dievaluasi oleh otoritas kesehatan. Mereka menegaskan Saudi mendukung penuh langkah dunia untuk membatasi penyebaran virus.

Kementerian Luar Negeri Saudi juga meminta warganya tidak bepergian ke luar negeri untuk sementara waktu. Terutama ke negara-negara dengan kasus infeksi virus corona terparah.

 

4 dari 5 halaman

Jokowi Hormati Keputusan Saudi Setop Jemaah Umroh

Dream - Presiden Joko Widodo menghormati keputusan Arab Saudi yang tidak menerima jemaah umroh untuk sementara waktu. Keputusan Saudi diambil untuk mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

" Pertama, itu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi, kita menghargai, kita menghormati," ujar Jokowi, dikutip dari , Kamis 27 Februari 2020.

Jokowi mengatakan kesehatan yang menjadi dasar keputusan Saudi bisa diterima. Isu kesehatan menjadi hal yang diprioritaskan Saudi.

 

 © Dream

 

Selanjutnya, Jokowi mengatakan tidak hanya Indonesia yang mendapatkan imbas dari kebijakan penghentian jemaah umroh tersebut namun juga negara-negara lain. Dia menilai pembatasan yang dijalankan Saudi semata ingin melindungi rakyatnya.

" Mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus corona, kita sangat menghargai itu," ucap Jokowi.

 

5 dari 5 halaman

Belum Koordinasi dengan Menag

Terkait keputusan ini, Jokowi mengaku belum berkoordinasi dengan Menteri Agama Fachrul Razi. Dia mengaku baru mendapatkan info tersebut.

" Belum, karena baru dapat berita kemarin," kata Jokowi.

Saudi mengumumkan penghentian penerimaan jemaah umroh dari luar negeri untuk sementara waktu. Penerbitan visa kunjungan ke Saudi juga dihentikan.

Saudi juga menerapkan pemeriksaan secara ketat di sejumlah titik masuk. Para pemegang visa kunjungan dari negara-negara dengan tingkat infeksi corona berbahaya akan ditolak masuk.

Sumber: /Intan Umbari Prihatin

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak