Chevron Punya Pakaian Khusus Pegawai Berhijab, Bahannya Anti Api

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 31 Oktober 2019 19:30
Chevron Punya Pakaian Khusus Pegawai Berhijab, Bahannya Anti Api
Hijab ini dibuat dari bahan yang bisa melindungi karyawan dari pancaran panas sampai percikan bahan kimia.

Dream – Busana hijab sudah tak terbukti bukan penghalang seorang wanita beraktivitas. Tak hanya di kantoran, hijab juga banyak digunakan para pegawai yang banyak beraktivitas di lapangan. Tentunya model dan jenis kain yang digunakan akan menyesuaikan dengan kondisi dan bidang pekerjaannya.

Perhatian juga diberikan perusahaan migas, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang berupaya meningkatkan keselamatan para pegawainya yang berhijab. Operator migas Blok Rokan di Riau ini merilis hijab berstandar FRC (flame resistant clothing).

Pakaian kerja ini dibuat dari bahan yang dirancang bisa mengurangi dampak risiko cedera akibat terbakar.

“ Hijab FRC ini merupakan upaya kami dalam menerapkan salah satu nilai perusahaan yaitu keberagaman dan inklusi (Diversity & Inclusion),” kata Manager Corporate Communication CPI, Sonitha Poernomo, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 31 Oktober 2019.

Sonitha mengatakan pakaian FRC wajib dipakai pegawai saat memasuki atau bekerja di area produksi minyak dan gas serta fasilitas on plot listrik. Pakaian ini juga dikenakan oleh pekerja di area operasi lapangan.

Pakaian itu berfungsi untuk melindungi tubuh dari kontak dengan bahaya fisik, biologi, dan kimia di tempat kerja, misalnya: pancaran panas, sengatan lebah, gigitan nyamuk, dan percikan bahan kimia. 

Hijab khusus yang dirilis oleh Chevron© Chevron Pacific Indonesia.

Tim CPI melakukan riset khusus untuk hijab FRC, kemudian mendesain dan memilih materi untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan. Produk ini sudah memenuhi standar nasional dan internasional.

Tipe hijab FRC ini bisa digunakan dengan dua cara yaitu dimasukkan ke dalam pakaian dan juga bisa dikeluarkan namun tetap dengan memperhatikan faktor keselamatannya.

“ Penerapan hijab FRC adalah bukti kepedulian yang nyata dan CPI merupakan pelopor yang pertama menerapkan hal ini di industri migas Indonesia,” kata dia. (Sah)

1 dari 5 halaman

Kiat Memilih Hijab di Cuaca Panas

Dream - Suhu saat ini terasa begitu panas dan menyengat. Meski hampir memasuki akhir tahun, terik matahari masih melanda sejumlah titik di Indonesia.

Hal ini cukup merepotkan bagi wanita berhijab. Sebab tidak hanya tubuh yang berkeringat, melainkan juga kulit kepala yang terus tertutup di balik hijab.

Akibatnya rambut bisa lepek dan berketombe. Salah satu upaya mengatasinya adalah dengan memilih bahan kerudung yang tepat.

Hijab© Foto: Shutterstock

Bahan voal dan polycotton merupakan pilihan paling pas di cuaca terik. Serat katun alami akan mempermudah sirkulasi udara sehingga kulit kepala tidak merasa kepanasan.

Bentuknya yang tipis namun tidak menerawang juga membuat pemakainya terasa adem. Kedua bahan tersebut bisa Sahabat Dream temukan di kerudung segi empat, pashmina bahkan khimar untuk yang lebih syar'i.

2 dari 5 halaman

Perlu Memakai Ciput?

Sebagian hijabers merasa perlu memakai ciput agar hijab terlihat lebih rapih dan santun. Namun sebaiknya, pemakaian ciput di cuaca panas harus lebih dipertimbangkan.

Pilih ciput dari bahan berongga dan tidak terlalu ketat. Sama seperti hijab, Sahabat Dream bisa memilih bahan katun yang adem ketika dipakai.

Hijab© Foto: Shutterstock

3 dari 5 halaman

Model Hijab

Beberapa hijabers sangat senang berkreasi dengan hijab mereka. Salah satunya dengan melakukan styling.

Di cuaca panas, hindari model hijab yang terlalu ketat dan bertumpuk. Selain ribet, model tersebut akan membuat kepala berat dan terasa panas.

Hijab© Foto: Shutterstock

4 dari 5 halaman

Saat Rumput Liar Disulap Jadi Fashion Berkelas

Dream - Label busana syar'i, Mayra turut meramaikan Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Bertajuk 'Imperata', koleksi terinspirasi dari tumbuhan ilalang menggambarkan sosok muslimah yang taat menjalankan akidah.

Di musim hujan, ilalang tumbuh subur dan indah. Sementara pada musim kemarau, ilalang tetap berdiri melewati kering dan panasnya cuaca.

Hijab Syar'i© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Begitupun perempuan muslimah yang teguh mengenakan busana syar'i di berbagai kegiatan, taat menjalankan akidah tanpa mengurangi keindahan dari penampilan.

Harmonisasi itu diwujudkan dalam koleksi busana syar'i yang menggabungkan bahan kaku dan tipis untuk menghasilkan siluet ringan, chic dan simpel.

Hijab Syar'i© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

5 dari 5 halaman

Gunakan Warna Lembut

Warna yang digunakan begitu lembut dan menggambarkan sisi feminin wanita seperti baby blue, beige, mustard, pink dan terracotta.

Aksen layering dan motif bunga di beberapa titik busana memberi sentuhan manis pada model yang berjalan di runway. Mayra turut menggandeng Mulan Jameela dan Meisya Siregar sebagai muse di pertunjukan kali ini.

Mulan Jameela© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

[crosslink_1]

Beri Komentar