Bank Syariah Mandiri Merilis Chatbot Berbasis Artificial Intelligence (AI), AISYAH. (Foto: Bank Syariah Mandiri)
Dream – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) punya asisten interaktif yang bakal menjadi idola baru nasabahnya. Asisten itu bernama AISYAH alias Asisten Interaktif Mandiri Syariah.
AISYAH akan berperan sebagai customer center virtual dalam fasilitas chatbot yang disediakan Mandiri Syariah. Jam kerjanya pun tak terbatas. Nasabah bisa bertemu AISYAH selama 7 hari dalam sepekan dan 24 jam sehari.
“ Alhamdullilah, AISYAH adalah chatbot pertama yang dimiliki bank syariah,” kata Direktur Technology and Operation Mandiri Syariah, Achmad Syafii, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 26 November 2018.
Syafii berharap teknologi ini akan membantu nasabah yang ingin mencari informasi produk dan layanan, promo event, lokasi ATM, kantor cabang, dan lain-lain. Nasabah juga dapat berkomunikasi dengan AISYAH melalui platform media sosial dan messaging apps seperti Telegram, Facebook Messenger dan livechat di website corporate Mandiri Syariah.
Selanjutnya, pengguna harus mengikuti akun resmi Mandiri Syariah di Facebook Messenger, @MandiriSyariahBot untuk Telegram.
“ Jadi, dengan adanya AISYAH, nasabah Mandiri Syariah dapat menanyakan segala hal yang berhubungan dengan Mandiri Syariah kapanpun dan di mana pun,” kata dia.
Sekadar informasi, AISYAH merupakan aplikasi layanan untuk nasabah Mandiri Syariah didasari oleh adanya perubahan kebutuhan masyarakat dan kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi saat ini telah memunculkan inovasi sistem pembayaran antara lain sistem pembayaran berbasis quick response code (QR code). Teknologi sistem pembayaran ini memberi kemudahan bagi nasabah dalam transaksi atau melakukan pembayaran.
“ Upaya inovasi ini kami lakukan untuk memberi layanan transaksi lebih baik dan lebih mudah bagi nasabah yang akan membawa dampak posisif bagi perbankan syariah sehingga dapat meningkatkan market share perbankan syariah,” kata dia.(Sah)
Syafii mengatakan masyarakat modern saat ini sangat tergantung pada media digital. Menyesuaikan hal tersebut Mandiri Syariah terus berupaya meningkatkan layanan digital banking Mandiri Syariah termasuk mobile banking.
Saat ini, Mandiri Syariah Mobile Banking hadir dengan fitur lebih lengkap di antaranya dapat digunakan untuk platform IOS, bisa top up saldo emoney dan update saldo e-money bagi ponsel yang memiliki fitur Near Field Communication (NFC), QR Pay, pembelian pulsa, token listrik, pembayaran zakat, infak, sampai dengan cek jadwal sholat.
“ Ke depannya layanan Mandiri Syariah Mobile Banking akan terus dilengkapi dengan fitur-fitur sesuai perkembangan costumer behavior saat ini dan sesuai kebutuhan nasabah dalam melakukan transaksi ke berbagai perusahaan e-commerce,” kata dia.
Selain itu, Syafii mengatakan anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (Persero) ini juga menerbitkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan berteknologi chip. Saat ini, sudah 30 persen kartu chip terdistribusi kepada nasabah.
“ Ini lebih cepat dari ketentuan Bank Indonesia yang menetapkan pendistribusian 30 persen pada akhir tahun, 31 Desember 2018,” kata dia.
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Throwback Serunya Dream Day Ramadan Fest bersama Royale Parfume Series by SoKlin Hijab
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik