Ma'ruf Amin: Ekonomi Syariah Harus Jadi Penguat Ekonomi

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 13 Februari 2019 19:15
Ma'ruf Amin: Ekonomi Syariah Harus Jadi Penguat Ekonomi
Ekonomi syariah adalah dasar pemberdayaan ekonomi umat.

Dream – Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, K. H. Ma’ruf Amin, mengatakan bahwa struktur ekonomi Indonesia ditopang oleh perekonomian nasional dan syariah. Maruf mendorong ekonomi syariah menjadi pemicu penguatan ekonomi nasional.

“ Ekonomi syariah merupakan dasar dari pemberdayaan ekonomi umat,” kata dia dalam seminar nasional “ Teknologi dan Inovasi untuk Masa Depan Keuangan Islam” di Jakarta, Rabu 13 Februari 2019.

Menurut Ma’ruf, ekonomi syariah akan maju jika umat diberdayakan dengan baik. Kalau ekonomi masyarakat membaik, kata dia, kondisi ini turut memajukan perekonomian bangsa.

“ Umat yang dimaksud tentunya adalah seluruh umat beragama yang saling berinteraksi dalam bingkai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Kehadiran Fintech Juga Harus Perhatikan Prinsip Syariah

Dalam seminar yang digelar Asosiasi Fintech Syariah Indonesia, Ma’ruf juga menekankan teknologi fintech juga memperhatikan prinsip-prinsip syariah. Calon wakil presiden nomor urut 01 ini berharap, aplikasi fintech yang diterapkan tidak hanya berjalan pada keuangan syariah komersial.

Tapi juga bisa mencakup keuangan sosial syariah seperti pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq, sodaqoh dan wakaf.

Ketua Panitia Seminar, Yulian Hadromi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan lebih luas lagi terkait apa itu ekonomi syariah.

" Ini tujuannya memberikan informasi secara menyeluruh terkait kesiapan keuangan syariah Indonesia,” kata Yulian.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik