Ini Bukti Orang Indonesia Gila Belanja Online Pas Ramadan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 1 Juli 2016 11:31
Ini Bukti Orang Indonesia Gila Belanja Online Pas Ramadan
Penyebabnya tak lain hujan diskon dari beragam e-commerce.

Dream - Mobile browser milik Alibaba Group, UC Browser, mensurvei tren belanja online masyarakat Indonesia lewat mesin pencariannya selama Ramadan. Hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata 81 persen pengguna mobile internet di Indonesia mengunjungi situs belanja online lebih dari tiga kali sehari.

" Traffic ke situs business to consumer (B2C) seperti Lazada dan marketplace yang lain seperti Tokopedia dan Bukalapak meningkat pesat di bulan Ramadan ini," kata General Manager of Global Market Alibaba Mobile Business Group, Kenny Ye, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 1 Juli 2016.

Kenny mengatakan, menurut We Are Social, Indonesia merupakan satu dari lima besar pasar media sosial di dunia dengan 30 persen masyarakatnya adalah pengguna aktif media sosial. Masyarakat Indonesia terhubung dengan teman dan keluarganya melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Mereka juga menerima dan reaktif terhadap apa saja yang di-share oleh lingkup terdekatnya.

Ini dapat dibuktikan dari 17 juta share hanya dalam waktu 11 hari dari game interaktif " Tukar 5 Kartu Dengan Motor Ninja" yang dibuat oleh UC Browser. Lebih dari 12 juta pengguna ikut bermain game ini dan setiap pengguna berbagi game ini di Facebook rata-rata sebanyak 17 kali kepada teman-temannya. Game ini juga menginspirasikan pengguna untuk membuat meme karena hadiahnya yang menarik, yaitu sepeda motor Ninja.

Dari permainan interaktif yang diadakan dari tanggal 21-27 Juni tersebut, 1,5 juta kupon dan voucher telah dibagikan dan menghasilkan peningkatan jumlah pesanan di Lazada melalui UC Browser.

" Game interaktif kami memberikan peningkatan besar pada lalu lintas e-commerce melalui UC Browser di bulan Ramadan ini, dengan tiga kali lipat peningkatan pada lalu lintas ecommerce ke Lazada. Selain itu, game ini mendorong para pencinta diskon untuk berbelanja online, sejalan dengan hasil survei yang menyatakan 53 persen online shopper mengunjungi situs belanja online setidaknya tiga kali sehari," kata dia.

Berdasarkan survei UC Browser, 83 persen dari online shopper mulai berselancar ke situs online shopping sebelum minggu ketiga dan juga minggu terakhir bulan Ramadan yang mana biasanya mal-mal menggelar night sale. Di antara berbagai platform e-commerce, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak menjadi tiga situs belanja online yang paling populer di kalangan responden pada bulan Ramadan ini, Lazada lebih populer 20 persen dibanding para pesaingnya.

Beri Komentar