Mengenal Intra Asia Corpora, Investor Merpati

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 15 November 2018 09:42
Mengenal Intra Asia Corpora, Investor Merpati
Maskapai ini akan mendapatkan dana dari investor itu.

Dream – PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) diputus tidak jadi pailit oleh Pengadilan Niaga Surabaya, Jawa Timur. Maskapai ini bisa kembali beroperasi usai vakum sejak 2013.

Ya, maskapai ini berencana akan terbang kembali tahun depan. Ada investor yang siap mengguyurkan dana untuk operasional Merpati, yaitu PT Intra Asia Corpora. Perusahaan ini berkomitmen akan menyuntikkan modal Rp6,4 triliun secara bertahap kepada Merpati.

Siapa Intra Asia Corpora?

Intra Asia Corpora merupakan pemegang kendali Kartika Airlines. Dikutip dari laman Kementerian Perhubungan, Kamis 15 November 2018, maskapai ini sempat membeli 30 pesawat baru Sukhoi SuperJet 100 (SJ100) buatan Rusia. Nilainya mencapai US$840 juta, atau sekitar Rp12,41 triliun, pada 2010.

Pembelian ini ditandai dengan penandatanganan Purchase Agreement yang dilakukan di Farnborough Air Show. Disaksikan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bhakti Gumay.

Dengan penandatanganan itu, disepakati mulai 2012, Sukhoi Civil Aircraft Co akan menyerahkan 1 pesawat tiap bulan. Namun sayangnya, Kartika Airlines berhenti beroperasi pada tahun 2010 itu pula.

Kini, nama Intra Asia Corpora kembali mencuat dengan hadirnya mereka sebagai investor Merpati. Dikutip dari laman PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)/PPA, Intra Asia Corpora berkomitmen menyuntikkan modal Rp6,4 triliun kepada Merpati dalam dua tahun.

Pihak yang menandatangani perjanjian ini adalah Direktur PT MNA Asep Ekanugraha dan Direktur PT IAC, Kim Johanes Mulia, di hadapan Notaris Mohamat Hatta, SH dan disaksikan oleh Direktur Utama PT PPA, Bapak Henry Sihotang, Direktur Konsultasi Bisnis dan Aset Manajemen PT PPA, Bapak Andi Saddawero, Kepala Bidang Restrukturisasi Kementerian BUMN, Bapak Aditya Dharwantara serta tim teknis Merpati, Intra Asia Corpora, dan PPA.

Beri Komentar