Menteri PANRB Tak Mau Punya PNS Gaptek

Reporter : Syahid Latif
Senin, 24 Oktober 2016 13:14
Menteri PANRB Tak Mau Punya PNS Gaptek
"Jangan sampai ada PNS yang tidak tahu soal IT," kata Menteri PANRB.

Dream - Di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju, tak ada lagi tempat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang Gagap Teknologi (Gaptek). Pemerintah bahkan sengaja menggelar kursus untuk abdi negara yang belum menguasai Teknologi Informasi (TI). 

" Jangan sampai ada PNS yang tidak tahu soal IT karena semua sekarang berbasis IT," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dikutip dari laman Menpan, Senin, 24 Oktober 2016. 

Pemerintah sedang menyusun program-program pelatihan bagi seluruh PNS yang difokuskan pada peningkatan kemampuan PNS di bidang teknologi informasi dalam jaringan.

Kemampuan ini menjadi penting karena pemerintah sedang fokus mengembangkan e-government. Penerapan e-government tidak dapat dihindari, mengingat perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemerintahan secara signifikan.

Dengan pertimbangan itu pula, pemerintah membutuhkan SDM yang mendukung program pemerintah tersebut.

Menteri Asman mengatakan bahwa akan memberdayakan semua lembaga pelatihan termasuk Lembaga Administrasi Negara (LAN). Program pelatihan ini akan diikuti seluruh PNS karena abdi negara tak sekadar memiliki kemampuan administratif.

“ Kami tingkatkan terus kemampuannya. Mungkin ada kursus selama tiga bulan atau enam bulan secara reguler,” ujar Menteri Asman.(Sah)

Beri Komentar