Merek-merek Paling Populer di Kalangan Anak Muda Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 24 Juli 2016 12:03
Merek-merek Paling Populer di Kalangan Anak Muda Indonesia
Brand-brand ini lebih dilirik oleh generasi milenial di Indonesia karena...

Dream - Salah satu platform merek produk terkenal, Brand Alliance, lewat Influential Brands, mengumumkan merek produk ternama yang terkenal di generasi Y (generasi milenial) di Indonesia.

Yang mengejutkan, para generasi yang kini berusia 21-31 tahun, atau lahir antara 1985-1995 ini ternyata lebih menyukai kualitas daripada sekadar gaya hidup.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Minggu 24 Juli 2016, perusahaan ini melakukan survei produk terkenal di lima negara, yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia, Tiongkok, dan Thailand.

Survei ini dilakukan terhadap 6 ribu responden terhadap 50 kategori produk seperti makanan dan minuman, elektronik, kecantikan, dan kesehatan.

Dari hasil survei itu, Influental Brands mencatat generasi Y di Indonesia mirip dengan Malaysia, yaitu menempatkan nilai dan kualitas produk-produk impor yang hampir setara dengan produk bermerek mahal dan impor.

Generasi ini tak terlalu memikirkan negara asal merek produk itu dibuat. Bahkan, telah berkembang juga merek-merek lokal Indonesia yang berkualitas dan signifikan mendukung gaya hidup sebagian besar responden.

Tren ini konsisten tercermin dalam seleksi Gen Y di Indonesia pada beberapa kategori, yaitu online dan eceran, terutama untuk produk sekali pakai, misalnya: kopi, susu, cokelat, dan biskuit.

Ternyata generasi milenial di tanah air juga menyukai beberapa brand buatan lokal. Brand-brand itu adalah.....

1 dari 2 halaman

Brand Lokal yang Digandrungi

Dosen Jurusan Manajemen Universitas Tarumanegara, Arnold Saputra, mengatakan hasil survei yang dilakukan Influential Brands menunjukkan generasi Y di Indonesia memilih produk merek internasional dan nasional. Pilihan ini sangat dipengaruhi oleh kategori produk tersebut, misalnya produk elektronik berupa laptop dan telepon seluler, konsumen Indonesia lebih memilih produk internasional daripada produk nasional.

" Sebaliknya, untuk produk-produk seperti vitamin dan bank, mereka lebih menyukai produk dalam negeri," kata Arnold di Jakarta.

Dia mengatakan ada tiga alasan konsumen Indonesia lebih memilih produk dalam negeri untuk produk seperti makanan dan vitamin, yaitu mereka sudah akrab dengan brand tersebut, sudah ada legalitasnya, dan ada entnosentrisme.

" Sebagian besar dari mereka telah menggunakan atau membeli merek ini sejak masih kecil. Namun demikian, harus dicatat juga bahwa aksesibilitas dan ketersediaan merek nasional juga memainkan peran penting," kata dia.

Ini merek-merek yang populer di Indonesia....

 

 

2 dari 2 halaman

Brand-brand Terpopuler di Indonesia

Lalu, apa saja merek-merek favorit generasi milenial di Indonesia pada tahun 2016? Misalnya untuk ponsel, orang Indonesia cenderung memilih Apple, Sony, Samsung, Nokia, dan LG. Sementara itu, untuk marketplace, generasi milenial di Indonesia memilih Tokopedia, Lazada, Kaskus, OLX, dan Bukalapak.

" Hasil survei ini sangat penting, walaupun fakta globalisasi telah mengakibatkan konvergensi merek yaitu lebih banyak orang yang menunjukkan preferensi merek internasional, survei ini juga mengungkapkan keterbukaan Gen Y dalam merangkul merek lama dan baru," kata Direktur Strategi Influential Brands, Jordge Rodriguez.

Sementara itu, salah satu marketplace di Indonesia, Tokopedia, mengaku senang mereka masuk ke dalam daftar merek yang digemari generasi Y di Indonesia.

" Pengakuan dan penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk menjaga peningkatan produk untuk berkontribusi dalam mendukung ekonomi digital Indonesia yang sangat potensial," kata Chief Operation Officer Tokopedia, Leontinus Alpha Edison.

 Merek paling berpengaruh di IndonesiaMerek paling berpengaruh di Indonesia © Influential Brands

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup