Meski Lulusan SMA, Gaji Pramugari Bisa Setara Manajer

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 11 Desember 2019 16:49
Meski Lulusan SMA, Gaji Pramugari Bisa Setara Manajer
Berapa uang yang didapatkannya per bulan?

Dream - Tak hanya bisa keliling dunia, penampilan pramugari yang menarik turut mengerek popularitas profesi ini. Profesi pramugari bahkan menawarkan gaji setara dengan manajer, meskipun ijazahnya hanya lulusan SMA.

“ Lulus SMA dan salary yang sudah besar. Salary segitu setara dengan manajer,” kata seorang pramugari, Heksa Putri, dikutip dari akun YouTubenya, Rabu 11 Desember 2019.

Heksa Putri mengungkapkan besaran gaji pramugari di maskapai tempat dia bekerja. Gaji ini bergantung kepada jam terbang. Semakin banyak pramugari terbang, semakin besar pula gaji yang didapatkannya.

“ Kalau sedikit, bisa Rp12 juta. Tapi, kisarannya Rp10 juta-Rp18 juta,” kata dia.

Heksa Putri mengatakan, gaji pramugari ini terdiri atas gaji pokok, gaji pata, jam terbang, dan insentif. Gaji pokok ini didapatkan setiap bulannya. Gajinya pun mengikuti UMR.

Kemudian, gaji pata ini didapatkan berdasarkan waktu kerja, misalnya dari mulai kerja sampai selesai. “ Misalnya, pesawat mundur jam 08.00 dan parkir jam 16.00. Dari jam 08.00 ke 16.00 kita dibayar per jamnya,” kata dia.

1 dari 4 halaman

Jam Terbang dan Dapat Insentif

Selain gaji pokok dan gaji pata, pramugari akan mendapatkan tambahan uang berdasarkan jam terbang. Gaji jam terbang yang didapatkan pramugari berbeda berdasarkan tingkatnya. Ada lima tingkatan di pramugari, yaitu FA1, FA2, FA3, FA4, dan FA5. Itu pun masih terbagi senior dan junior.

“ Gaji perjam terbang itu berbeda-beda, menurut tingkatan grade-nya. Kalau misalnya bulan ini aku terbang 80 jam. Jadi, gaji yang aku dapat itu 80 dikali gaji perjam,” kata dia.

Untuk FA1 senior, kata dia, jam terbang bisa mencapai 90 jam sampai 100 jam. Uang yang didapatkan bisa mencapai Rp10 juta hingga Rp11 juta per bulan.

“ Tapi, kita tak bisa memilih mau banyak atau sedikit karena sudah dijadwalin,” kata dia.

Pramugari, kata Heksa Putrie, juga mendapatkan insentif yang dibayarkan setiap tanggal 28 saban bulannya. Uang ini didapatkan jika pramugari terbang saat hari Minggu atau hari raya. Atau, saat terbang di bawah jam 05.00.

“ Lumayan, bisa beli pulsa,” kata dia.

2 dari 4 halaman

Arti Warna Seragam Pramugari Garuda Indonesia

Dream - Garuda Indonesia masih ramai diperbincangkan terkait kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton. Kasus itu berbuntut pada pemecatan Direktur Utama, Ari Askhara.

Sahabat Dream yang gemar traveling pasti sudah akrab dengan maskapai satu ini. Logo burung garuda dan seragam kebaya memberi kesan yang sangat Indonesia.

Pramugari tampil anggun dalam balutan kebaya saat melayani penumpang. Seragam ini telah melewati perubahan dari waktu ke waktu sejak Garuda Indonesia beroperasi di 1947.

 

 

Kala itu seragam pramugari didominasi oleh rok pendek dan berubah semakin santun seiring perkembangan zaman. Saat ini pramugari Garuda Indonesia memakai kebaya polos kutu baru yang dipadukan dengan sarung batik.

Kain tersebut dihiasi oleh motif 'Lereng Garuda Indonesia' dan memiliki empat varian warna sejak diluncurkan di 2010. Diantaranya oranye, biru, hijau tosca dan ungu. Bukan sekadar estetika, warna tersebut ternyata menyimpan nilai filosofis.

3 dari 4 halaman

Warna Oranye

Setiap warna seragam mencerminkan bentuk keramahan pramugari dan aspek hospitality. Seperti pada oranye, warna ini memberikan kesan hangat, ramah, dan penuh energi.

Warna oranye semakin memberi kesan fresh ketika dipadu dengan riasan natural dan gaya rambut updo. Lebih adem, Sahabat Dream juga bisa menemukan seragam warna biru.

Warna ini memberi kesan andal, terpercaya, berwibawa dan menenangkan. Biru diharapkan dapat membuat penumpang lebih rileks ketika melancong di udara.

4 dari 4 halaman

Warna Hijau Tosca

Garuda Indonesia juga mengeluarkan dua varian berikutnya. Warna hijau tosca memberi kesan tropis yang berkelas dan menyegarkan. Warna ini sekaligus melambangkan iklim tropis Indonesia.

Tak kalah menarik, ada varian lebih bold dari seragam warna ungu. Warna ini menampilkan kesan elegan, inspiratif dan kreatif.

Sahabat Dream paling suka warna apa, nih?

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian