Pariwisata Indonesia Rugi Rp6,9 Triliun Gara-Gara Virus Corona

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 26 Februari 2020 07:45
Pariwisata Indonesia Rugi Rp6,9 Triliun Gara-Gara Virus Corona
Sejumlah proyek yang sedang digeber Indonesia menjadi terhambat, salah satunya pembangunan kereta cepat Jakarta - Bandung.

Dream - Virus Corona yang bermula di Wuhan, China, tak hanya menyebabkan kematian manusia. Virus yang belum ada penangkalnya tersebut juga menjangkiti bisnis pariwisata, termasuk di Indonesia.

" Sektor pariwisata diprediksi kehilangan potensi pendapatan sebesar USD 500 juta per bulan karena terdampak wabah Coronavirus," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 25 Februari 2020.

Dengan kurs US$1 setara dengan Rp13.951, angka itu senilai Rp6,9 triliun. Menurut Luhut, potensi kerugian itu berdasarkan laporan Bank Indonesia.

Selain sektor pariwisata, sejumlah proyek yang sedang digeber Indonesia menjadi terhambat, salah satunya pembangunan kereta cepat Jakarta - Bandung. Menurut Luhut, hambatan tersebut tergung seberapa lama virus Corona bisa dihentikan.

" Kemungkinan akan molor beberapa bulan dari jadwal," tambah Luhut.

Dia menambahkan, pemerintah sudah melakukan berbagai antisipasi yang sesuai dengan petunjuk Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Sumber: Liputan6.com 

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna