Kuota Program Kartu Prakerja Penuh, Pendaftaran Gelombang 11 Akan Dibuka?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 7 Oktober 2020 15:12
Kuota Program Kartu Prakerja Penuh, Pendaftaran Gelombang 11 Akan Dibuka?
Gelombang sebelumnya hanya ada 116.261 orang pendaftar.

Dream – Program Kartu Prakerja gelombang 10 telah ditutup pada Senin 28 September 2020. Jumlah peserta yang mendaftar hanya 116.261 orang. Santer terdengar kabar bahwa gelombang ini adalah yang terakhir.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan ada kemungkinan gelombang 11 dibuka kembali. Hanya saja Louisa belum bisa memastikan kapan waktu pendaftaran gelombang 11 ini akan berlangsung. Hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

“ Kami masih menunggu keputusan dari KCK soal gelombang 11,” kata Louisa kepada Liputan6.com, dikutip pada Rabu 7 Oktober 2020.

Saat ini, target jumlah peserta Kartu Prakerja telah memenuhi kuota yakni sebanyak 5,6 juta orang. Berbeda dengan sebelumnya, gelombang 10 hanya dibuka untuk 116.261, dibandingkan gelombang 1-9 yang berjumlah 800 ribu orang.

Ada Ratusan Ribu Peserta yang Dicabut Kepesertaan

Kendati begitu, sejauh ini Louisa mengatakan ada 189.436 orang yang dicabut kepesertaannya. Hal itu dilakukan karena peserta yang bersangkutan tidak menggunakan segera menggunakan program Kartu Prakerja untuk pelatihan.

“ Pencabutan kepesertaan dilakukan bertahap sesuai gelombangnya. Peserta setiap gelombang memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertamanya,” kata dia.

Ada kemungkinan dari dana kepesertaan yang dicabut akan dialokasikan kepada peserta lainnya. Louisa menegaskan pihaknya masih menunggu arahan dari KCK untuk lebih lanjutnya.

(Sumber: Liputan6.com/Tira Santia)

1 dari 4 halaman

Program Kartu Prakerja Gelombang 8 Sudah Dibuka, Ini Caranya Mendaftar

Dream - Program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang 8 yang telah dibuka sejak Kamis, 9 September 2020 pukul 12.00 WIB. Sama seperti gelombang sebelumnya, pemerintah akan menampung sebanyak 800 ribu peserta Kartu Prakerja.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan Penerima Kartu Prakerja merupakan daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

 

© Dream

Untuk proses pendaftaran Kartu Prakerja, MPO tetap memberlakukan metode secara daring. Hingga saat ini belum terlihat adanya penurunan dari jumlah pelamar program tersebut.

“ Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan secara daring. Jadi seharusnya tidak terpengaruh oleh PSBB. Kuota gelombang 8 tetap 800.000,” kata dia.

Program Kartu Prakerja yang dirancang pemerintah ditargetkan bisa menampung sebanyak 5,6 juta orang. Selain pelatihan, para peserta juga akan mendapatkan insentif.

Untuk bisa mengikuti program tersebut, berikut Dream jelaskan tata cara mendaftar kartu prakerja seperti dilansir dari situs resminya:

 

2 dari 4 halaman

Pertama, membuat akun Kartu Prakerja dengan cara :

1. Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.

2. Pilih menu “ Daftar Sekarang”.

3. Lalu, memasukkan nama lengkap, alamat email dan password.

4. Mengecek email untuk konfirmasi akun, setelah verifikasi berhasil, kembali ke website.

 

3 dari 4 halaman

Tahap Kedua yaitu isi data diri :

1. Memasukkan email dan password yang telah dibuat.

2. Memasukkan juga nomor KTP dan tanggal lahir.

3. Mengisi data diri dengan lengkap serta upload KTP dan foto selfie bersama KTP.

4. Terakhir, masukkan nomor telepon dan memasukkan kode OTP yang sudah dikirm lewat SMS.

 

4 dari 4 halaman

Tahap Ketiga dan terakhir yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar secara online dengan klik “ Mulai Sekarang”.

Ketika tes jangan lupa menyiapkan alat tulis dan kertas untuk tes online selama 15 menit.

Setelah selesai tes, tunggu email pemberitauan apakah anda lolos di Kartu prakerja gelombang 8 ini. Apabila sudah mendapat pemberitahuan lolos melalui SMS, kembali ke website untuk bergabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia. Setelah itu, Anda telah siap menggunakan Kartu Prakerja.

Untuk informasi lengkap seputar pendaftaran, Anda dapat membacanya di www.prakerja.go.id. Selamat mencoba!

Beri Komentar