Mau Pegawai UMKM Fokus Bekerja? Beri Fasilitas Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 19 Juni 2019 15:24
Mau Pegawai UMKM Fokus Bekerja? Beri Fasilitas Ini
Asuransi ini kerap terlewatkan karena persaingan yang ketat antar UMKM.

Dream - Potensi UMKM yang luar biasa tak terlepas dari peran penting karyawan. Untuk itu, perlindungan terhadap tenaga kerja UMKM perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah, swasta, dan pelaku UMKM.

Hal ini agar bisa memaksimalkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk terus berkembang. " Persaingan ketat yang menuntut UMKM terus berinovasi sering melewatkan pentingnya perlindungan bagi karyawan yang memiliki peranan penting terhadap kemajuan bisnis perusahaan," kata Ketua Asosiasi UMKM Indonesia, Muhammad Ikhsan Ingratubun, dalam peluncuran " PRUWorks: Dengan Teknologi Inovatif, Lindungi Karyawan dengan Mudah Sejak Awal" di Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Ikhsan mengatakan kesadaran UMKM untuk asuransi masih kecil. Ia mengungkap bahwa asuransi untuk karyawan UMKM belum dimanfaatkan dengan optimal.

" Kesadaran asuransi UMKM sangat kecil. Tapi, UMKM baru sadar kalau sudah kejadian. Saya nggak tahu berapa persisnya. Tapi, itu masih sangat kecil," kata dia.

1 dari 5 halaman

Mayoritas Karyawan Lirik Asuransi Kesehatan

Head of Product Development Prudential Indonesia, Himawan Purnama, mengatakan berdasarkan laporan Willis Tower Watson pada 2017/2018 Asia Pacific Benefit Trends Survey mengatakan benefit jadi faktor penting dan efektif dalam meningkatkan loyalitas serta minat karyawan terhadap suatu perusahaan.

 Indonesia Rancang Asuransi Syariah Bertarif Murah

Menurut survei, ada 84 persen responden yang memerlukan asuransi kesehatan, 74 persen asuransi kecelakaan, 51 manfaat cacat tetap, dan 48 persen asuransi penyakit kritis.

" Inilah yang menjadi dasar untuk melindungi UMKM," kata Himawan.

Menurut Himawan asuransi karyawan UMKM penting agar karyawan bisa tetap fokus bekerja.

PRUWorks menawarkan tiga produk asuransi dan preminya sangat terjangkau. UMKM yang ikut asuransi ini memiliki minimal karyawan 5 orang dan punya izin usaha. Preminya cukup terjangkau, yaitu Rp3 juta per tahun.

" Setiap orang Rp600 ribu per tahun. Per bulannya Rp50 ribu. Murah sekali, kan?" tambah Ikhsan. (mut)

2 dari 5 halaman

Aset Syariah Prudential Indonesia Capai Rp9,2 Triliun

Dream - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mulai merambah bisnis asuransi karyawan untuk sektor UMKM. Lini bisnis diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia.

" Ini pertama kalinya kami fokus kepada UMKM dan businessman karena sebelumnya fokus kepada asuransi jiwa keluarga dan ritel," kata Presiden Direktur Prudential Indonesia, Jens Reisch, dalam peluncuran PRUworks di Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

 Prudential Indonesia Luncurkan Produk Investasi Syariah Baru

Reisch mengatakan saat ini jumlah UMKM di Indonesia lebih dari 60 juta. Sektor ini menyumbang 60 persen pemasukan nasional dan menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia.

" Kami juga bisa memberikan kontribusi kepada pertumbuhan UMKM (melalui PRUworks)," kata dia.

Chief Financial Officer Prudential Indonesia, Nick Holder, mengatakan tantangan yang paling sering dihadapi pelaku UMKM adalah benefit yang didapatkan karyawan. Keberadaan benefit dari perusahan dapat menjadi alasan yang membuat karyawan bertahan.

" Produk ini spesial didesain untuk membantu wirausaha mengembangkan usahanya. Pebisnis sibuk banget. PRUworks dibuat semudah mungkin," kata dia.

Holder menjelaskan PRUworks menawarkan lima kemudahan, yaitu mudah persyaratan, mudah pilih manfaat, mudah pengajuan klaim, mudah mendapatkan informasi dan proses kepesertaan, serta mudah klaim.

Head of Product Development Prudential Indonesia, Himawan Purnama, menerangkan ada tiga pilihan produk yang ditawarkan dari PRUworks.

1. PRUCorporate Life, asuransi jiwa kumpulan yang memberikan uang pertanggungan meninggal dunia yang dilengkapi asuransi tambahan yang bisa dipilih, seperti manfaat cacat total dan tetap dan penyakit kritis.

2. PRUCorporate Personal Accident: asuransi kecelakaan diri yang memberikan uang pertanggungan meninggal dunia karena kecelakaan dilengkapi dengan asuransi tambahan, seperti manfaat cacat tetap dan penggantian biaya medis.

3. PRUCorporate Medical: asuransi kesehatan kumpulan yang memberikan penggantian medis atas pengobatan rawat ina yang dilengkapi asuransi tambahan yang bisa dipilih, di antaranya manfaat persalinan, rawat jalan, dan perawatan gigi.

3 dari 5 halaman

Terobosan Prudential, Asuransi Syariah Unitlink

Dream - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melaporkan pendapatan premi perusahaan sepanjang 2018 mencapai Rp25,4 triliun. Sementara total klaim dan manfaat yang telah dibayarkan pada pemegang polis mencapai Rp12,3 triliun. 

 Asuransi Syariah

Dikutip dari keterangan tertulis Prudential yang diterima Dream, 2 April 2019, prudential Indonesia saat ini mengelola aset syariah sebesar Rp9,2 triliun. Kontribusi tabbaru mencapai Rp2,4 triliun. 

Tabarru Prudential Indonesia juga mendanai modal berbasis risiko sebesar 2,488 persen dan dana perusahaan sebesar 10,002 persen.

President Director Prudential Indonesia, Jein Reisch, mengatakan posisi modal berbasis risiko sebesar 752 persen.

Jein optimistis dengan pertumbuhan bisnis asuransi jiwa di Tanah Air. Mengutip data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), masyarakat Indonesia yang sudah mempunyai polis asuransi jiwa baru mencapai 6,6 persen.

" Ini berarti 93,4 persen masyarakat Indonesia masih belum terlindungi asuransi," kata Reisch.

Melihat kondisi tersebut, perusahaan terpacu untuk menghadirkan berbagai produk yang bisa memenuhi kebutuhan perlindungan dan rencana keuangan jangka panjang untuk masyarakat Indonesia.(Sah)

4 dari 5 halaman

Prudential: 40% Orang Indonesia Ingin Pakai Asuransi Syariah

Dream - Prudential Indonesia kembali berinovasi dalam hal asuransi. Kali ini Prudential mengeluarkan Prudential Syariah Unitlink yaitu asuransi yang menggabungkan proteksi dn investasi dalam satu tempat.

" Saat ini sudah banyak yang ingin melakukan investasi sekaluigus juga menabung nah kita ada program baru Prudential Syariah unitlik," kata Vera perwakilan Peudential Indonesia di Dream Day 2018, Summarecon Mal Bekasi, Sabtu, 17 November 2018.

Menurut Vera banyak sekali keuntungan yang didapat oleh para konsumen jika memilih Prudential Syariah Unitlink. Salah satunya sistem Syariah Unitlink ini sudah sesuai syariat agama.

 Prudential

" Biasanya kan premi hilang kalau di konvensional, ini di syariah premi akadnya sebagian untuk sodaqoh untuk saling menolong untuk peserta," katanya.

Prudential Syariah Unitlink juga bisa membrikan bonus kepada konsumen jika dalam 1 tahun tidak melakukan reimburse rumah sakit. Asuransi Prudential Syariah Unitlink diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan MUI.

" Banyak nih yang menyatakan investasi di asuransi itu haram. Tapi kalau kalian pilih syariah itu diawasi OJK dn MUI. Itu prosesnya syari dan bebas dari riba, investasinya mendapat tempat yang halal," ujarnya.

 

5 dari 5 halaman

Dari Premi Saja, UUS Prudential Dapat Rp1,7 Triliun

Dream – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mencatat minat masyarakat Indonesia untuk membeli asuransi syariah masih cukup tinggi. Hasil survei perusahaan menunjukan 40 persen responden mengaku berniat membeli asuransi syariah. 

Corporate Communication and Sharia Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018 mengungkapkan, survei di 10 kota besar beberapa waktu lalu juga menunjukan 47 persen masyarakat Indonesia masih memilih asuransi konvensional.

Sementara Sisanya, 13 persen belum menentukan apakah akan membeli asuransi syariah atau konvensional.

“ Nah, yang 13 persen ini bisa menjadi pasar asuransi syariah,” kata Nini dalam pengumuman kontes karya tulis “ 10 Tahun Prudential Syariah – Syariah untuk Semua” di Jakarta.

Menurut Nini, dari 40 persen responden yang berminat untuk membeli asuransi syariah, sebanyak 80 persen mengaku berminat membeli asuransi syariah Prudential. Sebanyak 50 persen responden memilih perusahaan ini sebagai pilihan pertama.

 Asuransi Syariah

Dari hasil survei tersebut, Nini mengaku pasar asuransi syariah di Indonesia cukup besar. Sayangnya, penetrasi pasarnya masih kecil.

Sekadar informasi, Muslim pemegang polis asuransi syariah di Indonesia baru 7 persen dari total Muslim di Indonesia.

“ Penetrasi pasarnya rendah, padahal pasarnya terbuka sekali. Mengapa? Jawabannya, orang Indonesia belum mengerti prinsip syariah,” kata dia.

Untuk itu, Prudential terus mendorong sosialisasi asuransi syariah kepada masyarakat. “ Asuransi syariah ini untuk semua agama, bersifat universal, dan (mengusung) gotong royong,” kata dia.

(Sah)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary