Gandeng BNI Syariah, Pertamina Masuk Keuangan Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 1 Juli 2016 09:43
Gandeng BNI Syariah, Pertamina Masuk Keuangan Syariah
Apa saja bentuk kerja samanya?

Dream - PT Pertamina (Persero) dan PT BNI Syariah menjalin kerja sama untuk pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan peran perbankan syariah dalam perekonomian nasional.

Direktur Keuangan Pertamina, Arief Budiman, mengatakan kerja sama dengan anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) ini merupakan kelanjutan dari pogram Breakthrough Project Corporate Cash Management Tahap III untuk meningkatkan kinerja keuangan dan meningkatkan pengelolaan risiko keuangan perusahaan melalui diversifikasi penempatan dana perusahaan.

" Di tengah situasi ekonomi global yang melambat saat ini, menjadi momentum bagi upaya meningkatkan peran perbankan syariah, terlebih dilihat dari aspek permodalan, rentabilitas, likuiditas, dan aset produktif pada laporan keuangan menunjukkan perbankan syariah, termasuk BNI Syariah tergolong sangat baik," kata Arief di Jakarta dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jumat 1 Juli 2016.

Dia mengatakan kerja sama ini juga merupakan dukungan untuk meningkatkan kontribusi perbankan syariah dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional.

Arief mengatakan kerja sama kedua pihak ini antara lain berupa pembukaan rekening dan penempatan dana Pertamina di BNI Syariah. Selain itu, BUMN energi ini juga menjajaki produk keuangan internasional bank syariah ini. Misalnya, Letter of Credit, Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), wakalah bil ujrah, kafalah bil ujrah, serta Bank Garansi, Counter Guarantee, Demand Guarantee dan Standby LC.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone