CONNECT WITH US!

Ponsel Posisi Standby, Tagihan Bisa Sampai Rp 12 Triliun

Reporter : Syahid Latif | Selasa, 27 Oktober 2015 08:46
Ilustrasi
Tahukah Anda meski menyalakan Ponsel dalam posisi standby, tagihan untuk biaya energi bisa sampai triliunan rupiah

Dream - Jangan anggap remeh kebiasaan mengisi baterai telepon seluler Anda. Sebuah survei membuktikan, rumah tangga Inggris sebetulnya bisa menghemat 600 juta pound sterling (Rp 12,6 triliun) per tahun hanya dengan mematikan gadget mereka.

Peringatan tersebut diungkapkan oleh Energy Saving Trust (EST), sebuah organisasi nirlaba yang menyerukan langkah-langkah hemat energi di Inggris.

Menurut survei yang mereka lakukan untuk menyambut Big Energy Saving Week, EST memperkirakan bahwa dengan membiarkan gadget tetap menyala meski sebenarnya bisa dimatikan akan menambah tagihan biaya energi sekitar 30 poundsterling (Rp 630 ribu) per tahun.

Jumlah gadget di dalam rumah tangga Inggris tercatat telah naik 31 persen sejak tahun 2010, 

Kenaikan ini terutama berasal dari dapur, tempat di mana jumlah peralatan dapur yang menggunakan listrik telah meningkat sebesar 58 persen dibandingkan lima tahun yang lalu.

Survei juga menemukan sekira 78 persen orang mengaku meninggalkan setidaknya dua perangkat mereka pada posisi siaga, dan 53 persen meninggalkan televisi di rumah mereka menyala meski saat itu mereka tidak menonton.

Hampir setengah dari orang-orang yang meninggalkan TV dalam posisi siaga sengaja melakukan itu karena merasa lebih nyaman. Dan 22 persen mengatakan hal itu dilakukan karena mereka tidak dapat menjangkau steker atau tidak melihat alasan untuk mematikannya.

Seperlima orang bahkan meninggalkan beberapa televisi tetap menyala sehingga mereka tidak ketinggalan acara saat berpindah ruangan.

Philip Sellwood, kepala EST, seperti dikutip Dream dari laman Dailymail, Selasa, 27 Oktober 2015 mengatakan saat ini ada sebuah lubang hitam yang makin membesar pada tagihan energi karena orang-orang terlena dengan kenyamanan yang ditawarkan mode siaga.

" Orang-orang merasa susah jika harus berjalan untuk mematikan peralatan listrik. Kami sarankan menggunakan satu soket ekstensi untuk menancapkan berbagai peralatan listrik agar semua bisa dimatikan secara mudah," katanya.

 

Afif Kalla Menikah - Raditya Dika Lamaran